Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTT 2020 Australia Menyadari Pentingnya Penguasaan Bahasa Asing

Kompas.com - 21/04/2008, 02:30 WIB

BRISBANE - Menteri Luar Negeri Australia Stephen Smith mengatakan, pentingnya setiap siswa Australia memelajari satu bahasa asing merupakan ide besar yang muncul dalam KTT 2020. Alasannya keterampilan berbahasa merupakan hal yang sangat penting bagi kemampuan Australia bergaul secara efektif dengan negara-negara di kawasan Asia Pasifik.
    
"Bagi saya adanya dorongan kuat untuk (mempelajari dan menguasai) bahasa-bahasa asing, khususnya Asia, merupakan hal yang sangat penting bagi kami dalam melaksanakan hubungan internasional, kebijakan luar negeri dan posisi kami di kawasan ini," katanya.
    
Dalam penjelasannya pada acara "Meet The Press", Minggu, Menlu Smith mengatakan, masalah pentingnya kemampuan berbahasa asing, khususnya bahasa-bahasa Asia, itu disinggung dalam sesi "Masa Depan Australia di Dunia -- Masa Depan Keamanan dan Kemakmuran Australia di Kawasan dan Dunia yang Berubah dengan Cepat".
    
Salah satu tema bahasan yang muncul dalam sesi yang menjadi tanggungjawabnya pada KTT 2020 yang diikuti seribu warga Australia dari beragam latarbelakang itu ialah, bahwa Australia mutlak harus mampu bergaul secara lebih efektif di Asia dan kawasan Asia Pasifik.

"Oleh sebab itu, memiliki kemampuan dan keterampilan berbahasa, serta sensitifitas pada budaya yang berkembang di kawasan sangat penting bagi Australia," katanya.
    
Menurut dia, penguasaan bahasa China, Indonesia, maupun bahasa-bahasa Eropa tidak hanya akan sangat membantu Australia dalam menjalani hubungan luar negeri dan diplomasinya, melainkan juga akan sangat membantu para generasi muda negara ini.
    
"Mempelajari bahasa asing juga akan membantu anak-anak kita karena dari perspektif kependidikan, ternyata jika Anda mempelajari satu bahasa asing, apa pun bahasa itu, maka bahasa tersebut akan membantu Anda dalam pencapaian belajar Anda," katanya.
    
Dalam sesi KTT 2020 yang diketuai Menlu Smith bersama para pakar Hubungan Internasional dan Direktur Institut Asia Universitas Griffith, Prof. Michael Wesley,  itu meningkatkan pemahamanan Australia tentang Asia dan budaya Asia menjadi prioritas penting.
    
Dalam KTT 2020 itu,  yang berlangsung selama dua hari di Gedung Parlemen Canberra yang berakhir Minggu sore, seribu orang warga Australia berkesempatan ikut menentukan strategi jangka panjang pembangunan masa depan negara mereka.
    
Masalah masa depan keamanan dan kemakmuran Australia di tengah kawasan Asia Pasifik dan dunia yang berubah cepat hanyalah salah satu dari 10 topik bahasan di KTT tersebut. Sembilan topik lain yang dibahas seribu orang bersama para akademisi dan menteri yang ditunjuk terkait dengan agenda produktivitas yang meliputi isu pendidikan, keahlian/keterampilan, pelatihan, sains dan inovasi; serta masa depan ekonomi Australia.
    
Selain itu terkait isu pembangunan berkelanjutan dan perubahan iklim; arah masa depan industri dan masyarakat pedesaan; strategi kesehatan nasional jangka panjang; penguatan masyarakat, dukungan keluarga dan inklusi sosial; pilihan-pilihan bagi masa depan penduduk asli Australia;  Australia yang kreatif yang mencakup masalah masa depan seni, film dan desain; kepemerintahan Australia (masa depan kepemerintahan Australia, demokrasi yang diperbaharui, pemerintah yang lebih terbuka, peran media, struktur federasi, serta hak dan kewajiban warga negara.
    
Australia yang kini berpenduduk lebih dari 21 juta jiwa adalah negara industri maju yang bertetangga langsung dengan Indonesia dan Timor Leste.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com