Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gus Mus: Jatim Akan Dipimpin Orang NU

Kompas.com - 21/04/2008, 00:03 WIB

Surabaya, Antara - Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH A Mustofa Bisri (Gus Mus) menjamin Provinsi Jawa Timur akan dipimpin kader NU karena semua kandidat dalam pemilihan Gubernur Jatim pada 23 Juli mendatang berpasangan dengan kader NU.

”Itu bukan (perpecahan), tetapi artinya di Jatim banyak kader NU yang baik, buktinya banyak yang mencalonkan kader NU,” katanya seusai berbicara dalam ”Khadijah Bersholawat” di SMA Khadijah, Surabaya, Minggu (20/4).

Ia mengemukakan hal itu menanggapi sikap warga NU terkait banyaknya kader NU yang tampil. Kader NU yang maju antara lain Ketua Umum PP Muslimat NU Hj Khofifah Indar Parawansa yang didukung Partai Persatuan Pembangunan dan 12 parpol nonparlemen sebagai cagub dan Ketua Umum GP Ansor H Saifullah Yusuf yang didukung Partai Amanat Nasional dan Partai Demokrat sebagai cawagub.

Kader NU lainnya adalah Ketua Pengurus Wilayah NU Jawa Timur KH Ali Maschan Moesa, yang dinyatakan berhalangan tetap, didukung Partai Golkar sebagai cawagub. Lalu ada Bupati Mojokerto H Achmady yang didukung Partai Kebangkitan Bangsa sebagai cagub dan Ketua Umum Kosgoro Jawa Timur H Ridwan Hisjam yang didukung PDI-P sebagai cawagub.

Menurut Gus Mus, warga NU akan senang dengan banyaknya kader NU yang meramaikan Pilgub Jatim karena siapa pun yang terpilih, dapat dipastikan tokoh NU akan memimpin Jatim, apakah sebagai gubernur atau wakil gubernur.

”Bukan pecah lho, karena NU menghargai para tokoh NU sebagai warga negara sehingga mereka bisa maju atau bisa juga tidak. Saya sendiri tidak mendukung siapa-siapa karena saya adalah orang Jateng. Tetapi orang NU itu ’merem’ (menutup mata) saja saat coblosan, akan pasti tokoh NU yang terpilih,” katanya.

Ditanya tentang majunya Khofifah terkait kepemimpinan perempuan dalam konteks fikih, Gus Mus menilai pertanyaan itu kuno. ”Itu enggak usah ditanyakan lagi, soal itu sudah kuno,” katanya, didampingi Khofifah yang juga Ketua Umum Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial NU Khadijah Surabaya. (ANT/JOS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com