Pasangan Don-Taufiq Makin Mantap

Kompas.com - 18/04/2008, 14:44 WIB
Editor

 

 

Sumedang, Kompas - Penghitungan suara sementara pemilihan bupati dan wakil bupati oleh Komisi Pemilihan Umum Sumedang mencapai 95 persen, Kamis (17/4). Pasangan Don Murdono-Taufiq Gunawansyah yang diusung 11 partai, antara lain Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, makin mantap dengan perolehan 325.362 (54,82 persen) suara.

Pasangan Endang Sukandar-Dony Ahmad Munir yang diusung Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Bulan Bintang memperoleh 268.176 (45,18 persen) suara. Hingga saat ini sudah terkumpul 593.538 suara dari 26 kecamatan.

Kepala Subbagian Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumedang Wahyu Kusdiarto, Kamis di Sumedang, mengatakan, meski semua kecamatan sudah menyerahkan suara ke KPU, tidak menutup kemungkinan ada suara yang belum masuk. "Oleh karena itu, KPU akan terus menghitung ulang, dan hasil final baru ditetapkan Senin (21/4)," kata Wahyu.

Pemerhati politik dan hukum sekaligus Ketua Ikatan Notaris Indonesia Sumedang Muchamad Arisandhi Bachrum mengatakan, perolehan suara yang saat ini dipimpin Don-Taufiq sudah diprediksi sejak awal. "Masyarakat Sumedang cenderung memilih pemimpin incumbent yang sudah dikenal lebih dulu," kata Arisandhi.

Meski demikian, lanjutnya, tidak banyak yang menduga pasangan Endang-Dony dapat bersaing dan tidak tertinggal jauh dalam perolehan suara. "Prediksi awal menyebutkan 60:40 untuk kemenangan Don-Taufiq. Namun, dalam penghitungan suara sementara, selisih perolehan suara kurang dari 10 persen," ujar Arisandhi.

Aman dan lancar

Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Kabupaten Sumedang Krisna Supriatna menyatakan, ada 21 laporan pelanggaran selama menyelenggaraan pilbup. Adapun pelanggaran itu meliputi administrasi sebanyak lima kasus, sengketa (tujuh kasus), dan pidana (10 kasus).

Krisna mengatakan, laporan pelanggaran akan terus masuk selama tujuh hari setelah pemungutan suara. Dengan jumlah laporan pelanggaran yang masuk, Krisna menilai pilbup Sumedang berlangsung aman dan lancar.

Meski demikian, Krisna mengeluhkan kurangnya tenaga Panwas yang memantau proses pemungutan suara. Jumlah anggota Panwas di tingkat kabupaten sebanyak lima orang dan di tingkat kecamatan 50 orang. (A04)



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X