Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Bengkak Akibat Pewarna Rambut

Kompas.com - 12/04/2008, 00:45 WIB

LONDON, KAMIS - Penyesalan kini hanya bisa dirasakan Lois Queen (13) remaja putri asal London, Inggris.  Maksud hati ingin mengubah penampilan rambutnya supaya tampak lebih cantik menjelang perayaan ulang tahun.  Namun justru petaka yang dialami karena wajahnya  berubah menyeramkan akibat  alergi pewarna rambut.

Lois kini berjanji tidak akan pernah  lagi menggunakan pewarna rambut karena akibat obat inilah yang telah membuat wajahnya  membengkak  dan berubah seperti alien.

Lois bahkan harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami kesakitan yang sangat setelah memakai pewarna rambut L'Oreal Casting Creme Gloss berwarna coklat itu.

Seperti dilaporkan surat kabar Telegraph, Rabu (9/4), Lois mengalami alergi yang sangat parah setelah menggosokan pewarna tersebut dan wajahnya mulai membengkak dalam 10 hari kemudian.

¨Rasa sakitnya parah, sungguh sangat mengerika.  Dalam beberapa jam setelah menggunakannya, mata saya mulai memerah dan terasa gatal, dan kemudian mulai membengkak,¨ terangya.

¨Keesokan paginya saya tak bisa membuka mata.  Sungguh sangat sakit.  Saya kira saya akan buta dan meninggal.  Kepala saya bentuknya seperti aneh, saya terlihat seperti alien,¨ tambahnya.

Lois Queen membeli pewarna rambut tersebut dari sebuah toko di dekat rumahnya di Mottingham, wilayah selatan London.  Ia awalnya ingin mewarnai rambutnya untuk ulang tahun yang ke-14 bulan depan.

Ia mengikuti semua instruksi yang tertera dalam kemasan dan kemudian menggunakannya dengan bantuan sang ibu.

Setelah wajahnya membengkak parah, dokter di rumah sakit memberinya stroid dan antihistamin.  Ia juga harus kembali mengunjungi dokter sekurangnya tiga kali untuk melakukan pengobatan.

¨Dokter mengatakan Lois beruntung karena terhindar dari kerusakan mata permanen.  Bengkaknya sudah mulai sedikit berkurang namun ia masih tampak kesakitan dan mengalami infeksi. Menyedihkan,¨terang sang ibu Lorna.   

Sementara itu juru bicara L´Oreal menyatakan pihaknya selalu memastikan bahwa produk yang dipasarkan aman.

¨Kami prihatin mendengar pengalaman yang baru-baru ini dialami Ms Queen dan kami telah mengontak keluarga untuk memberi bantuan medis.  Kasus alergi terhadap pewarna rambut sangat  jarang dan bisa saja terjadi pada sedikit orang.  Itulah  sebabnya mengapa sangat penting artinya bahwa orang yang menggunakan pewarna harus memahami risiko dan mengetahui pentingnya menjalani tes alergi kulit selama 48 jam sebelum menggunakannya.  Ikutilah petunjuk pemakaian dengan sangat hati-hati,¨ tandas juru bicara tersebut.             

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com