Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terapi Sel Induk Obati Infark Jantung

Kompas.com - 06/04/2008, 16:54 WIB

FAKULTAS Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), bekerjasama dengan Rumah Sakit Medistra Jakarta telah berhasil menyembuhkan tujuh pasien yang menderita infark jantung akut dengan melakukan terapi sel induk atau "Stem Cell Therapy".
     
Staf Divisi Kardiologi FKUI-RSCM, Ika Prasetya, dalam siaran persnya di Jakarta, Minggu (6/4), mengatakan, fungsi jantung tujuh pasien yang menderita infark jantung akut kembali normal setelah melakukan terapi sel induk. Dia mengatakan pada awalnya jantung ke tujuh pasien hanya berfungsi sekitar 20 hingga 30 persen saja, namun setelah dilakukan terapi sel induk, dengan menanamkan sel induk dari tubuh pasien sendiri ke jaringan otot jangtung yang rusak, maka sel induk tersebut tumbuh menjadi jaringan yang sehat.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, jaringan yang baru tumbuh tersebut mengembalikan jaringan yang rusak, sehingga dapat berfungsi kembali seperti semula. Dia mengatakan secara klinis pasien kembali normal dan mendapatkan kehidupan kembali. Dengan kata lain terapi ini berhasil "menghidupkan yang sudah mati".

Infark jantung akut sendiri adalah penyakit kematian otot jantung akibat tersumbatnya pembuluh darah koroner yang mensuplai darah ke otot jantung. Secara awam hal ini ditandai dengan adanya serangan jantung yang merusakan otot jantung yang dikenal dengan gagal jantung, dan akibat fatalnya dapat menyebabkan kematian.

Menurut dia, di Asia kemajuan hasil terapi sel induk ini baru dapat dilakukan oleh Indonesia. Bila terapi ini dapat dikembangkan dengan baik, maka dapat membantu banyak pasien yang menderita penyakit stroke dengan kelumpuhannya, diabetes millitus dengan kakinya yang membusuk, serta penyakit lainnya.

Sumber : Antara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com