Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hade Janji Bangun Jabar Selatan

Kompas.com - 02/04/2008, 17:18 WIB

CALON gubernur-wakil gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan-Dede Yusuf yang berkampanye di Sukabumi menjanjikan pembangunan Jawa Barat bagian selatan yang selama ini tertinggal. Adapun pasangan Danny Setiawan-Iwan R Sulandjana di Purwakarta berjanji akan memberdayakan usaha kecil dan menengah untuk membuka lapangan kerja baru.

"Pembangunan sektor pertanian dan perikanan akan menjadi pemicu ekonomi di Jabar selatan. Jabar selatan tertinggal karena selama ini minim perhatian. Infrastruktur jalan sudah 10 tahun tak diperbaiki. Fasilitas tempat pelelangan ikan juga tidak memadai," kata Dede saat melakukan kampanye simpatik di Kota Sukabumi, Selasa (1/4). Dede mengatakan, pembangunan pelabuhan ikan berskala internasional merupakan solusi untuk meningkatkan percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Jabar selatan.

Selain pembangunan pelabuhan ikan berskala internasional, pasangan Heryawan-Dede (Hade) menjanjikan pembangunan industri berbasis pertanian, peternakan, dan perikanan yang menyerap banyak tenaga kerja.

"Pembangunan industri tersebut, yang penting harus mengacu pada penggunaan bahan baku lokal. Kita sudah cukup belajar dari pengalaman setahun ini ketika sektor usaha terpuruk karena bergantung pada bahan baku impor," kata Dede. Investor

Sementara itu, pasangan Danny Setiawan-Iwan Sulandjana berjanji akan memberdayakan usaha kecil dan menengah (UKM) untuk membuka lapangan kerja baru. Namun, upaya menarik investor dari luar tetap ditempuh untuk memaksimalkan pengurangan angka pengangguran di Jabar.

"Upaya menarik investor besar tetap penting, tetapi jika terkendala situasi nasional maupun global, kita sudah harus siap antara lain dengan memberdayakan UKM," ujar Danny seusai berkampanye di Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Purwakarta, Selasa.

Danny menambahkan, jumlah UKM di Jabar mencapai 8 juta unit. Jika 25 persen di antaranya berdaya dan mampu menambah satu pekerja saja, sebanyak 2 juta tenaga kerja baru bisa terserap.

Meski demikian, upaya menciptakan lapangan kerja tetap akan diimbangi dengan memfasilitasi warga Jabar untuk meningkatkan keterampilannya. Sebab, akan percuma jika investor masuk, tetapi warga Jabar kalah bersaing untuk mengisi posisi-posisi pekerjaan yang dibutuhkan.

Pagi harinya, pasangan Danny-Iwan mengadakan kampanye di Lapangan Dolog, Kabupaten Subang. Di hadapan sekitar 40.000 orang dan simpatisan, Danny menjanjikan untuk mendorong terbentuknya undang-undang lahan pertanian abadi yang memberikan perlindungan kepada petani atas lahan garapannya.

Danny-Iwan juga berdialog interaktif di sebuah radio swasta lokal di Purwakarta. Pada kesempatan itu, Danny berjanji akan meningkatkan kualitas pembangunan di Jabar jika terpilih lagi sebagai gubernur. (AHA/MKN/A15)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com