Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obat Kimia Picu Lahirnya Bayi Tanpa Anus

Kompas.com - 14/03/2008, 21:48 WIB

BAGI para ibu hamil, obat-obat kimia sebisanya harus dihindari. Pasalnya kontaminasi zat kimia pada kandungan seorang ibu hamil bisa menyebabkan lahirnya bayi tanpa anus (atresia ani).

Selain obat-obatan, makanan awetan dan alkohol juga dapat menyebabkan penyakit bawaan tersebut. "Atresia ani terjadi karena kontaminasi zat kimia terutama dalam usia tiga bulan kehamilan. Itu merupakan kelainan bawaan dan terjadi kesalahan pembentukan organ," ujar dr Caroline SpA, dokter spesialis anak kepada Kompas.Com via telepon, Jumat (14/3).

Kelainan ini merupakan bentuk kelainan bawaan di mana tidak adanya lubang dubur terutama pada bayi. Akibatnya bayi tidak dapat atau mengalami kesulitan mengeluarkan mekonium atau tinja. Perut bayi akhirnya menjadi buncit. Untuk itu, usai persalinan, lubang dubur bayi harus segera diperiksa karena kalau tidak dilakukan dapat mengancam jiwa bayi-bayi atresia ani. Jika selama tiga hari tidak diatasi, feses atau tinja bayi akan tertimbun hingga mendesak paru-parunya.

"Kalau sudah tahu, segera mungkin dilakukan pembedahan, dibuat lubang dubur dulu di perutnya. Soalnya kalau tidak keluar bahaya. Perut bayi jadi kembung," jelas Caroline. Setelah kondisi bayi membaik, seperti berat badannya sudah mencapai 10 kilo, itu sudah memadai untuk dibuatkan anus melalui operasi kedua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com