Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bintang Kejora Muncul Lagi di Manokwari

Kompas.com - 14/03/2008, 15:46 WIB

JAKARTA, JUMAT-Dua aksi demo di Manokwari, Papua Barat diwarnai pembentangan bendera bintang kejora. Dalam aksi tersebut polisi menyita barang bukti bendera dan mengamankan beberapa orang. Demikian disampaikan Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Abubakar N dalam konferensi pers di gedung Mabes Polri, Jakarta, Jumat, (14/3).

Aksi demo pertama berlangsung pada tanggal 3 Maret 2008 yang melibatkan kelompok West Papua National Authority. Aksi tersebut berlangsung di GOR Sanggem, Manokwari, Papua Barat. Berkaitan dengan hal itu, Polres Manokwari telah menyita dua bendera bintang kejora dan mengamankan lima orang. Hasil dari pemeriksaan terhadap lima orang tersebut sudah ditetapkan dua orang sebagai tersangka yakni FK dan JW yang merupakan juru bicara dari West Papua National Authority.

Aksi pengibaran bendera yang kedua melibatkan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Manokwari. Dalam aksi tersebut, polisi menyita enam bendera bintang kejora dan mengamankan 10 orang. "Sepuluh orang ini masih dalam pemeriksaan," kata Abubakar.Menurut Abubakar, dalam kedua aksi tersebut para peserta demo menyatakan penolakan mereka terhadap peraturan pemerintah No.77 tahun 2007 tentang lambang daerah dan pelaksanaan referendum Papua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com