Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopi Tanpa Perbankan

Kompas.com - 10/03/2008, 09:45 WIB

SEMARANG, SENIN - Perbankan saat ini belum berpihak pada sektor pertanian dan perkebunan. Terbukti selama tiga tahun terakhir ini belum ada perbankan yang mengucurkan pinjaman dana untuk peremajaan tanaman kopi di Jawa Tengah.
    
Anggota Komisi B DPRD Jateng, Bambang Raharjo Munajat, di Semarang, Senin (10/3), seperti dikutip dari Antara, menyatakan keprihatinannya. Menurutnya, seharusnya perbankan mulai berpihak pada petani, khususnya kepada petani kopi seperti di Temanggung.

Bambang mengatakan, kebijakan keuangan pemerintah khususnya dunia perbankan harus berpihak petani. Wajar jika petani dan eksportir mengeluh. "Keluhan itu wajar dan harus diupayakan perbankan dengan serius memperhatikan petani, karena di Temanggung ada 9.430 petani kopi yang mengelola sekitar 3.919 hektare tanaman kopi tersebar di Kecamatan Gemawang, Kandangan, dan Kecamatan Jumo," katanya.
    
Tanaman kopi yang dimiliki petani itu, kata dia, rata-rata sudah ditanam sejak tahun 1980. Maka dari itulah, untuk meningkatkan produksi, petani harus melakukan peremajaan tanaman kopi dan itu butuh dana pinjaman dari perbankan.
    
Jika tidak dilakukan peremajaan tanaman kopi, dipastikan produksi menurun dratis. Setiap hektare mestinya bisa berproduksi 1.200 kilogram.  Tapi, karena kurangnya perawatan saat ini hanya berproduksi 600 kilogram per hektare.
    
"Saya meminta kepada pemerintah agar benar-benar memikirkan petani kopi untuk diberi kucuran dana pinjaman, apalagi pada saat ini harga kopi jenis robusta cukup baik yakni Rp17.500 sampai Rp18.000 per kilogram," katanya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com