Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerusakan Jalur Pantura Masih Parah

Kompas.com - 28/02/2008, 20:57 WIB

BREBES, KAMIS - Kerusakan yang terjadi di sejumlah ruas jalur pantai utara (Pantur) Jawa antara Kabupaten Brebes hingga Pemalang masih parah. Lipatan aspal dan puluhan lubang masih menganga di pinggir maupun tengah jalan. Sejumlah ruas jalan yang sudah diperbaiki juga terlihat mulai rusak kembali.

Dari pengamatan Kompas, Kamis (28/2), kerusakan di jalur pantura Brebes masih terlihat di sepanjang jalan antara Kecamatan Brebes hingga Kecamatan Losari. Kerusakan terparah seperti terjadi di perbatasan antara Kota Tegal dan Kabupaten Brebes, Jalan Gajah Mada, jalur pantura Desa Kluwut, Kecamatan Bulakamba, dan Kecamatan Tanjung.

Lubang jalan berdiameter antara 10 sentimeter hingga satu meter menganga di tengah jalan. Sebagian aspal jalan juga mengelupas dan menyebabkan jalan kotor oleh kerikil. Selain itu, kerusakan juga terjadi di pusat kota Brebes, seperti di sebelah Pasar Induk Brebes dan Jalan Diponegoro.

Kerusakan jalan di jalur pantura Kota Tegal terjadi di sepanjang Jalan Kolonel Sugiono. Kerusakan terparah di sana terlihat di depan Terminal Kota Tegal. Selain lubang jalan, terdapat pula lipatan aspal sepanjang sekitar 100 meter dengan ketinggian 30 sentimeter.

Lipatan aspal tersebut terlihat membelah jalan, sehingga mempersulit pengendara yang lewat. Akibatnya di jalur tersebut, sering terjadi antrian panjang kendaraan.

Selain itu, kerusakan jalur pantura Kota Tegal juga terlihat di Jalan Martoloyo. Meskipun sebagian lipatan aspal sudah dikeruk, kondisi jalan belum rata dan masih terlihat kotor.

Sementara, kerusakan jalur pantura juga masih terlihat di wilayah Kabupaten Tegal dan Pemalang. Kerusakan terparah terutama terlihat di wilayah Kecamatan Warurejo, Kabupaten Tegal dan jalur lingkar selatan Pemalang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com