Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yogyakarta Gelar Ujicoba Bus Trans Jogja

Kompas.com - 17/02/2008, 15:17 WIB

Laporan Wartawan Kompas.com, Ati Kamil

YOGYAKARTA, MINGGU - Yogyakarta segera mengoperasikan sistem transportasi massal dengan mulai dioperasikannya bus Trans Jogja mulai Senin (18/2) besok. Dalam rangka persiapan tersebut, hari ini, Minggu (17/2) sejak pukul 06.00- 16.00, seluruh kru bus trans Jogja melakukan uji coba pada ke enam jalur (trayek). Adapun untuk setiap bus terdiri dari satu supir, satu pramugara dan dua petugas penjual tiket di shelter/ halte.

Keenam jalur tersebut adalah 1A-B, 2A-B dan 3AB. Yang masing-masing menempuh rute sebagai berikut:
1A: Terminal Prambanan- BAndara Adi Sucipto- Stasiun Tugu- Malioboro- Jogjakarta Expo Center
1B: Terminal Prambanan- Bandara Adi Sucipto- JEC- Kantor Pos Besar- Pingit- Universitas Gajah Mada
2A: Terminal Jombor- Malioboro- Basen- Kridosono- UGM- Terminal Condongcatur
2B: terminal Jombor- Terminal Condongcatur- UGM- Kridosono- Basen- Kantor Pos Besar- Wirobrajan- Pingit
3A: Terminal Giwangan- Kotagede- Bandara Adi Sucipto- Ring Road Utara- MM UGM- Pingit- Malioboro- Jokteng Kulon
3B: Terminal Giwangan- Jokteng Kulon- Pingit- MM UGM- Ring Road Utara- Bandara Adi Sucipto

Trans Jogja terdiri dari 54 bus termasuk enam bus cadangan. Sehingga masing-masing trayek akan diperkuat dengan 16 buah bus. Mulai besok hingga satu minggu ke depan, warga Jogja dapat menikati layanan ini dengan harga percobaan Rp 1000. Selanjutnya, bus trans Jogja akan mengenakan harga tiket reguler Rp 3000 per penumpang. Sementara untuk pelajar dikenakan tarif Rp 2000, dengan terlebih dahulu membeli "kartu perdana" untuk berlangganan. Demikian pula bagi penumpang umum yang ingin menggunakan kartu berlangganan, pun disediakan.

Kartu berlangganan tersebut dapat dibeli pada delapan Point of Sales (POS) yang tersedia di delapan shelter dari 78 shelter dan delapan halte yang ada di seantero Jogja. Delapan shelter POS tersebut yakni, halte bandara Adi Sucipto, Terminal Jombor, halte Ambarukmo Plaza, terminal Giwangan, Halte Taman Pintar Jalan Senopati, Halte Tentara Pelajar Samsat, Halte Jalan Kali Urang Kopma UGM, Halte Sudirman Bethesda.

Dari percobaan hari ini diperoleh setidaknya tiga keluhan dari supir. Hal ini dituturkan salah satu supir, Marjuki. Menurutnya, bus berukuran sedang dengan 22 kursi dan 22 handel berdiri lengkap dengan AC dan ruangan bebas rokok tersebut masih membutuhkan peninjauan dalam penetapan waktu tempuh. Ia menyebutkan, trayek 3B Terminal Giwangan ke Bandara Adi Sucipto misalnya, yang dipatok 17 menit waktu tempuh. Dalam uji coba, di hari Minggu yang tentunya lalulitas tak terlalu padat saja, dibutuhkan penambahan waktu 5-10 menit untuk berhenti, menaikkan dan menurunkan penumpang. "Ini hari minggu, mungkin kalau hari kerja waktunya akan lebih panjang lagi," kata Marjuki.

Hal lain yang didapati Marjuki adalah bentuk bus yang tidak terlalu tinggi akan menghantam sisi trotoar di halte, jika bus hendak dirapatkan untuk mengangkut penumpang. Selain itu, di Jalan Bayangkara tidak disediakan shelter, padahal di wilayah itu terdapat banyak sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com