Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gus Ipul Pastikan Ikut Pilkada Jatim

Kompas.com - 14/02/2008, 15:33 WIB

Laporan wartawan Kompas M Hernowo

JAKARTA, KAMIS - Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor Syaifullah Yusuf akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur pada Juli 2008. Mantan Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal ini akan menjadi calon wakil gubernur, mendampingi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Soekarwo yang dicalonkan sebagai gubernur.

"Saya dan Pak Karwo akan diusung Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN). Surat keputusan dari PAN untuk pencalonan kami sudah saya terima pada 6 Februari. Sedangkan surat dari Partai Demokrat diterima tanggal 7 Februari," kata Syaifullah Yusuf yang biasa dipanggil Gus Ipul, Kamis (14/2) di gedung GP Ansor, Jakarta.

Untuk dapat mencalonkan pasangan gubernur dan wakil gubernur, partai atau gabungan partai setidaknya punya 15 persen kursi di DPRD. Dari 100 kursi di DPRD Jawa Timur, PAN punya tujuh dan Partai Demokrat 10 kursi. Sehingga, gabungan dua partai itu dapat mencalonkan pasangan Soekarwo-Gus Ipul karena memiliki 17 kursi di DPRD.

Gus Ipul juga menuturkan, keputusannya untuk mengikuti pilkada Jawa Timur bersama Soekarwo sudah mendapat restu dari sejumlah kyai. Deklarasi pasangan ini rencananya akan dilakukan Minggu (17/2) di Gedung Gelora Pantjasila, Surabaya.

Menurut Gus Ipul, program utama yang akan dia usung bersama Soekarwo adalah perbaikan dalam bidang PKL, yaitu pendidikan, kesehatan, dan lapangan kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com