Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lindungi Usus Si Kecil dengan Susu Probiotik

Kompas.com - 13/02/2008, 23:19 WIB

SAAT anak tumbuh dan berkembang, ia gemar bereksplorasi dan memuaskan rasa keingintahuannya, salah satunya dengan memasukkan benda-benda yang dipegang ke dalam mulutnya. Ini tentu akan membuat orangtua khawatir.

Kuman penyakit yang bisa berada di mana saja dan kapan saja pasti juga ada pada benda-benda yang dipegang si kecil. Mulut dan saluran pencernaan adalah gerbang masuknya berbagai jenis kuman. Karenanya saluran cerna sangat penting untuk dilindungi. Bila bakteri jahat masuk dan tumbuh subur di usus, dapat menyebabkan tidak maksimalnya produksi imunitas dan juga asupan nutrisi yang dibutuhkan si kecil. Akibatnya si kecil menjadi mudah sakit dan pertumbuhannya terhambat.

Saluran pencernaan si kecil akan selalu sehat apabila di usus terdapat probiotik (bakteri baik) dalam jumlah dominan, seperti Bifidobacterium dan Lactobacillus. Probiotik akan menekan bakteri jahat seperti Staphylococcus, Salmonella,Enterococcus, Clostridium dan Coli agar tidak berkembang biak di usus.

Manfaat probiotik antara lain, melindungi permukaan usus sehingga mencegah bakteri jahat bertumbuh di usus, menjaga keseimbangan ekosistem usus dengan menekan bakteri jahat dari luar dan dalam tubuh, modulasi imunitas (memperkuat imunitas alami, daya tahan tubuh dan mengontrol iritasi usus) dan memberikan efek positif pada metabolik (pemanfaatan nutrisi, produksi asam lemak rantai pendek dan meningkatkan laktosa).

Probiotik banyak terdapat di kandungan susu bubuk. Mengapa di susu bubuk? Menurut Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS, Dosen Departemen Gizi Masyarakat IPB, menyebutkan, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, probiotik harus dapat dikonsumsi dalam keadaan hidup dan stabil, sehingga mencapai saluran cerna dalam keadaan hidup pula.

Dalam hal ini susu bubuk yang kering, dapat membuat probiotik tetap hidup dalam kondisi dorman (setengah tidur). Dalam susu ini pula probiotik dapat bertahan hingga 15 bulan tanpa refrigerator, mudah diolah dandistribusi, dan memberi nilai plus dari semua kebaikan susu. Probiotik akan kembali bekerja maksimal jika dikonsumsi langsung dengan air hangat 45 derajat selsius.

Untuk itu, jika ingin si kecil tumbuh sehat, harus dimulai dengan usus yang sehat, agar produksi imunitas dan asupan nutrisi menjadi maksimal sehingga meningkatkan daya tahan tubuh dan pertumbuhan otak, dan akhirnya membuat si kecil menjadi bahagia.

M2-08

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com