Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Mengepak Saat Bepergian

Kompas.com - 12/02/2008, 14:55 WIB

Ada dua jenis orang bepergian di dunia ini: mereka yang bawaannya sedikit dan mereka yang berharap bawaanya bisa sedikit. Masuk kategori manakah Anda? Agar semua barang yang dibutuhkan selama perjalanan masuk dalam tas namun tas tetap terasa ringan serta kelihatan ringkas, ikuti panduan berikut.

Buat Rencana dan Berpeganglah Pada Rencana Itu

Seperti seorang arsitek yang membangun gedung, begitu pula orang merencanakan isi koper. Buatlah daftar barang bawaan. Daftar barang dapat mencegah kepanikan pada menit-menit terakhir proses pengepakan, berfungsi sebagai panduan ketika mengepak lagi pada akhir perjalanan, dan berguna dalam kondisi tidak menguntungkan seperti kehilangan atau kecurian bagasi.

Ketika merencanakan pakaian mana saja yang hendak dibawa, pertimbangkan acara yang akan Anda ikuti, siang atau malam hari, dan catat perlengkapan (pakaian) yang mungkin cocok untuk setiap acara. Periksa kembali daftar untuk memastikan jika sepotong pakaian dapat dipakai untuk berbagai acara. Bawalah pakaian yang bisa berpadu dengan yang lain, berdasarkan kesesuaian warna.

Periksa ramalan cuaca di daerah tujuan dan buat rencana berdasarkan ramalan tersebut. Pastikan Anda tahu kebiasaan masyarakat lokal, misalnya pakai t-shirt untuk jamuan makan malam bisa menjadi satu kesalahan fatal, atau baju lengan buntung mungkin akan menghalangi Anda memasuki ke tempat-tempat seperti Basilika Santo Petrus di Vatican City. Untuk hampir semua kegiatan luar ruang, bawalah beberapa pakaian yang bisa dipakai berlapis.

Abaikan aturan kenakan pakaian sesuai dengan acara. Dunia saat ini umumnya memberi kelonggarkan terhadap dress code - untuk turis tampaknya ada semacam tolenransi. Warna gelap -pakaian warna hitam atau blue jaket- memungkin Anda bisa masuk ke berbagai acara makan malam dan pertunjukkan.

Mengepak atau Tidak Mengepak? Itulah Pertanyaannya!

Begitu daftar pakaian telah dibuat, berpatokanlah pada hal itu. Saat mengepak, tatalah jenis barang yang hendak Anda bawa dan periksalah kembali daftar. Pastikan bahwa pakaian yang hendak dibawa itu bersih serta siap untuk dikemas. Kontak biro perjalanan mengenai ketersedian berbagai perlengkapan kamar hotel, seperti hair dryer, seterikaan dan papan seterika, sabun, sampo, dan lain sebagainya, sehingga Anda tahu apa yang tidak perlu dan yang harus dibawa.

Untuk perhiasan prinsipnya adalah jangan bawa barang berharga jika Anda tidak mau kehilangan barang tersebut. Jangan bawa pakaian yang dapat menarik pencuri. Bawa perlengkapan make up secukupnya demi menghemat ruang, tidak usah bawa parfum jika pelembab saja sudah cukup.

Khusus untuk alat-alat kecantikan,  travel kits selalu menjadi jawaban. Punya travel kit yang selalu tersedia dalam kotak yang kedap air akan menghemat waktu mengepak sebelum perjalanan dan huru-hara setelah kepulangan. Kebanyakan alat-alat kecantikan personal untuk kepentingan traveling tidaklah mahal, jadi belilah perlengkapan semacam itu kapan saja Anda lihat sehingga saat tiba di tempat tujuan, Anda tidak bingung karena botol gel rambut kesukaan Anda kosong misalnya. Jangan mengisi botol sampai penuh karena tekanan udara dalam kabin pesawat dapat menyebabkan isi botol jadi kepenuhan dan meluber.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com