Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Bus Trans-Jogja Batal Lagi

Kompas.com - 05/02/2008, 15:09 WIB

YOGYAKARTA, SELASA-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DI Yogyakarta menyesalkan penundaan uji coba peluncuran bus patas perkotaan Trans-Jogja. Rencananya, mulai hari ini, Selasa (5/2), Dinas Perhubungan DIY akan melaksanakan ujicoba bus patas bagi umum.
 
"Kami jelas menyesalkan penundaan tersebut, selama ini kan sudah beberapa kali tertunda. Ini menunjukan persiapan teknis di lapangan tidak terencana dengan baik," ungkap Istianah ZA, Wakil Ketua DPRD DIY, Selasa (5/2), di Yogyakarta.
 
Peluncuran bus patas Trans-Jogja tercatat sudah tertunda beberapa kali dari target yang ditentukan Dinas Perhubungan DIY sebagai penanggungjawab proyek itu. Peluncuran awalnya direncanakan akhir Desember, kemudian ditunda Januari, dan ditunda lagi awal Februari. Tetapi ternyata hingga Februari belum juga diluncurkan. Menurut Sigit Haryanto, Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan DIY penundaan uji coba Trans-Jogja hari ini karena belum ditandatanginya kontrak kerjasama antara Pemerintah Provinsi sebagai penyelenggara dengan PT Jogja Tugu Trans sebagai pihak operator.
 
Istianah menyatakan, selama ini yang dipersalahkan adalah DPRD DIY karena dianggap terlalu lamban dalam memberikan persetujuan dan lamanya pembahasan revisi Perda tentang Angkutan dan Retribusi Jasa Umum yang menjadi dasar hukum pelaksanaan proyek bus patas. "Setelah Perda kita selesaikan dengan pembahasan maraton tetapi nyatanya kok belum bisa diluncurkan. Kami minta bisa segera diluncurkan karena ini sudah ditunggu-tunggu masyarakat," katanya.
 
Secara terpisah Sigit Haryanto Kepala Bidang Angutan Dinas Perhubungan DIY mengungkapkan, Rabu (6/2) direncakanan akan ditandatangani perjanjian kerjasama operasionalisasi bus patas antara Pemprov DIY dengan PT Jogja Tugu Trans. Selanjutnya, pihaknya akan melakukan sosialisasi bus patas kepada masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com