Parsel Imlek Ikan Arowana Rp35 Juta, Tertarik?

Kompas.com - 25/01/2008, 17:50 WIB

IKAN Arowana alias Arwana, menurut mitos China dipercaya sebagai ikan pembawa keberuntungan. Maka tak heran, banyak pula orang yang memburu ikan ini untuk melancarkan rezeki. Menjelang Imlek, ternyata ada tawaran yang cukup menarik.

Jika selama ini parsel selalu berisi makanan, kali ini ada yang tak biasa. Parsel ikan Arowana berikut akuariumnya ditawarkan dengan harga mulai dari Rp5 juta-Rp35 juta. Tertarik?

Sebuah perusahaan penangkaran Arowana yang tengah mengadakan pameran di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, menawarkan paket parsel Ikan Arowana sebagai bingkisan di hari Imlek. Mengapa saat Imlek? "Ya karena kita tahu, mitosnya orang China itu, arowana pembawa keberuntungan. Dan pada momentum Imlek ini biasanya semuanya berharap keberuntungan yang lebih baik," kata Stand Manager SheLookRed, Billy Seno, Jumat (25/1).

Ikan arowana yang ditawarkan berjenis Super Red, jenis yang menduduki kelas paling atas diantara enam jenis ikan arowana. Harganya pun tak main-main. Arowana Super Red berukuran 51-55 cm dilabel Rp35 juta. Sedangkan ukuran 12-25 cm dijual dengan harga Rp5 juta. Hingga hari ini, telah terpesan 2 paket Arowana seharga Rp6,8 juta.

Jenis Arowana Super Red berharga mahal karena warnanya yang bersinar merah dan memiliki sisik besar. Satu sisik ikan arowana sama dengan 30 hingga 60 sisik ikan gurame. Sisik besar ini, jelas Billy, hanya dimiliki oleh Ikan Arowana. Oleh karena itu, ikan ini juga dikenal dengan nama Dragon Fish (Ikan naga). Sebutan ikan naga diberikan, sebab ikan arowana memiliki sungut yang menyerupai antena.

Selain itu, Arowana Super Red juga termasuk jenis ikan yang dilindungi. "Maka, harganya juga mahal karena sudah dilengkapi dengan micro chip dan sertifikat sebagai legalitasnya. Jadi menunjukkan bahwa ikan ini bukan diambil dari alam, melainkan hasil penangkaran," lanjut Billy.

Jenis Arowana lainnya sesuai tingkatan kelasnya, yaitu Arowana Golden Red, Arowana Banjar Red, Arowana Bin/Pino, Arowana Jardini (spesies asli dari Irian), dan Arowana Silver Brazil.

Usia Arowana tergantung tempat hidupnya. Jika berada di dalam akuarium, ikan ini bisa bertahan hingga 25 tahun. Namun, jika berada di kolam bisa bertahan 60 hingga 70 tahun. Wow! Sementara, untuk panjangnya bisa mencapai lebih dari 90 cm, juga tergantung pada tempat hidupnya.

Bagaimana dengan peminatnya?

Billy menuturkan, untuk Jakarta sendiri, saat ini mulai memasuki trend gandrung pada Arowana, sebagai pengganti Louhan yang sempat naik daun. Tapi, di Medan dan Semarang, jenis ikan ini sudah menjamur dan menjadi kegemaran banyak orang di dua kota tersebut.

"Biasanya, kalau lihat arowana orang tidak langsung beli, tapi dilihat dulu fisiknya, kemudian bentuknya. Baru kalau sudah benar-benar tertarik, langsung dibeli," ujar Billy. (ING)


Editor

Terkini Lainnya


Close Ads X