Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Imlek Harga Bawal Super Rp 60.000 per Kg

Kompas.com - 24/01/2008, 12:08 WIB

BANTUL, KAMIS - Meski harga sejumlah bahan pokok melambung, pedagang ikan di pantai Depok Kabupaten Bantul, tidak berani menaikkan harga. Alasannya, mereka takut jika nanti tidak ada pembeli mengingat dalam beberapa hari terakhir konsumen yang datang menurun.

Sedangkan untuk bawal super berukuran dii atas 0,5 kg (per ekor) harga naik dari Rp 40.000 per kg menjadi Rp 60.000 per kg. Kenaikan harga bawal super ini, menurut pedagang lantaran mendekati imlek.

Harga beberapa jenis ikan pun masih stabil, seperti cakalang yang masih Rp 10.000 per kg, bawal biasa Rp 30.000, Kakap putih Rp 20.000-Rp 25.000, dan gato Rp 20.000.

Para pedagang beranggapan saat ini daya beli masyarakat sedang turun. Mereka membelanjakan uangnya untuk kebutuhan yang paling pokok. "Jika biasanya saya dapat Rp 900.000 sehari, kini hanya Rp 500.000," ujar Menik, salah satu pedagang.

Sementara itu, sejumlah nelayan mengaku hasil tangkapan dalam beberapa hari terakhir menurun drastis. Diperkirakan, ikan akan kembali banyak memasuki bulan September mendatang.

"Bawal yang tiga hari lalu masih nampak, hari ini tidak terlihat lagi," kata Surono, salah satu nelayan. Menurut Surono, kondisi gelombang sendiri dalam seminggu terakhir cukup kecil dan bagus untuk mencari ikan. (WER)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com