Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanker Termasuk Lima Besar Penyebab Kematian

Kompas.com - 19/01/2008, 00:18 WIB

JAKARTA, SABTU - Kanker saat ini termasuk dalam lima besar penyebab kematian. Karena itu penyakit kanker ini perlu mendapatkan perhatian yang serius. Yang menjadi masalah di Indonesia, pengobatan kanker masih sangat mahal, begitu pula harga obatnya.

”Karena mahalnya harga obat kanker ini, orang menjadi enggan ke dokter, dan pergi mencari pengobatan alternatif,” kata Ketua Umum Cancer Information and Support Center (CISC), Aryanthi Baramuli saat membuka acara ”2008 Cancer Survivor Gathering” di auditorium RS Kanker Dharmais Jakarta, Sabtu (19/1).

Hasil penelitian Badan Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa jumlah penderita kanker meningkat tajam, terutama di negara-negara berkembang seperti di Indonesia. Kanker perlu mendapatkan perhatian lebih, bukan hanya terapi medis tetapi kondisi psikososial, semangat dan optimisme penderita harus prima.

Pasien kanker, survivors dan keluarga perlu memaknai setiap fase kehidupan secara positif dengan kegembiraan dan harapan. Pemenuhan kebutuhan psikis dan sosial diyakini dapat meningkatkan optimisme dan semangat penderita yang pada akhirnya dapat membantu keberhasilan proses pengobatan.

Berkumpul dan bersosialisasi dengan sesama penderita, survivors dan keluarga dapat menjadi sarana efektif untuk membuat mereka lebih nyaman, merasa tidak sendiri, saling menularkan perasaan dan pikiran positif, saling menyemangati, dan memiliki harapan lebih baik serta keikhlasan untuk menerima keadaan dan menjalaninya sebaik mungkin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com