Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aziz Beri Selamat Tanribali

Kompas.com - 19/01/2008, 20:48 WIB

Laporan Wartawan Tribun Timur AS Kambie dan Mursalim

MAKASSAR, TRIBUN - Kandidat gubernur Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar memberikan selamat pada Pjs Gubernur Sulsel Mayjen Achmad Tanribali Lamo. Ia mengajak semua pihak mendukung Tanri Bali untuk memulihkan kondisi Sulsel.

Ketua Lajnah Tanfidziyah Komite Persiapan Penegakan Syariat Islam (KPPSI) ini mengaku gerah melihat perkembangan Sulsel pascapilkada.

"Saya kira penunjukan Pak Tanri sebagai carekater sudah sangat tepat untuk menghindari kekosongan hukum jabatan gubernur. Kita semua harus mendukung keputusan tersebut," tegas Aziz kepada Tribun, beberapa menit lalu.

Menurut Aziz, Tanri membutuhkan dukungan penuh untuk memulihkan kondisi Sulsel dan menjalani masa transisi yang penuh tantangan. "Saya mengucapkan selamat menjalankan amanat untuk Pak Tanri Bali, semoga sukses," kata Aziz.

Menurutnya, aksi yang terjadi tidak lagi berdasar pada perjuangan kepentingan masyarakat Sulsel secara umum. Maraknya aksi yang terjadi, dinilainya akibat tuntutan kepentingan kelompok.

"Saya berharap ada kearifan dari semua pihak untuk menjaga citra Sulsel dan mengedepankan kepentingan orang banyak," jelas Aziz.

Aziz juga terkesan tidak terlalu berharap pada upaya politik dan hukum dalam menyelesaikan masalah Pilkada Sulsel. "Saya kira, nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur budaya Sulsel dapat memberi kontribusi yang signifikan untuk menemukan solusi dari konflik yang terjadi," katanya.

Nilai agama dimaksud adalah kesadaran bahwa jabatan adalah amanat dari Allah SWT yang harus dipertanggungjawabkan. Sementara nilai budaya luhur adalah semangat sipakatau (saling memanusiakan), abbulo sibatang (bersatu padu), dan sipakainge (saling mengingatkan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com