Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tugas Berat Menanti Tanri Bali Lamo

Kompas.com - 19/01/2008, 11:37 WIB

Asisten Personel Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Mayjen Tanri Bali Lamo akhirnya dipilih menjabat penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel). Tanri mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan Gubernur Amin Syam.

Tidak ada yang menduga pria kelahiran Bone tanggal 15 November 1952 ini yang akhirnya dipilih karena sebelumnya santer diberitakan bahwa Departemen Dalam Negeri (Depdagri) akan menunjuk mantan Pangdam V Brawijaya Mayjen Syamsul Mappareppa dan Dirjen Otonomi Daerah (Otda) DR Sodjuangon Situmorang.

Tanri adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1974 seangkatan dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Letjen Agustadi Sasongko Purnomo, mantan KSAD Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu dan mantan Pangkostrad Letjen (Purn) Prabowo Subianto. Tanri adalah putra mantan Gubernur Sulsel Achmad Lamo.

Karir militernya diawali di Kodam Siliwangi tahun 1975. Setelah itu, dia kembali ke kampung halaman ketika ditugas di Kodam Hasanuddin mulai tahun 1976 hingga 1982.

Tahun 2001, Tanri naik pangkat menjadi brigadir jenderal dan menjabat sebagai wakil asisten personel KSAD. Tahun 2003, suami dari Rasthina Dewi ini menjabat sebagai asisten personel KSAD dengan pangkat mayor jenderal.

Tugas utama Tanri sebagai penjabat gubernur sulsel adalah memulihkan ketertiban dan keamanan di Sulsel yang belakangan ini terusik dengan aksi massa terkait sengketa pilkada.Tugas penting lainnya adalah menjadi mediator perdamaian bagi kubu pendukung Amin Syam dan Syahrul Yasin Limpo.(ROY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com