Cornelis Dilantik sebagai Gubernur Kalbar - Kompas.com

Cornelis Dilantik sebagai Gubernur Kalbar

Kompas.com - 14/01/2008, 13:49 WIB

Laporan wartawan Kompas Christophorus Wahyu Haryo P

PONTIANAK, KOMPAS- Menteri Dalam Negeri RI Mardiyanto, Senin (14/1), pukul 10.30, atas nama Presiden RI, mengambil janji dan melantik Cornelis-Christiandy Sanjaya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat periode 2008-2013. Pengambilan Janji dan pelantikan dilangsungkan dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kalbar.

Dalam sambutannya, Mendagri berpesan agar gubernur dan wakil gubernur yang baru mengelola keuangan daerah secara transparan dan akuntabel. Selain itu APBD diharapkan berorientasi pada kepentingan publik, pemberantasan kemiskinan, dan penanganan masalah sosial lain.

Acara pelantikan di Balairung DPRD Kalbar ini dihadiri bupati/wali kota se-Kalbar, kepala dinas dan instansi tingkat Provinsi Kalbar, KPUD se-Kalbar, dan camat se-Kalbar.

Dua kandidat gubernur yang kalah dalam pilkada, yakni Akil Mochtar dan Oesman Sapta juga hadir dalam pelantikan itu. Dari 55 anggota DPRD Kalbar, 8 di antaranya absen.

Cornelis-Christiandy menjadi gubernur dan wakil gubernur Kalbar, menggantikan Usman Jafar-LH Kadir. Cornelis yang lahir di Kabupaten Sanggau, 27 Juli 1953 merupakan Ketua DPD PDIP Kalbar dan sebelumnya menjabat Bupati Landak. Sedangkan Christiandy Sanjaya yang lahir di Kota Singkawang, 29 Maret 1964, sebelumnya adalah Kepala Sekolah SMK Imannuel Pontianak.


Editor

Close Ads X