Salin Artikel

Survei Litbang "Kompas": Elektabilitas PDI-P Tertinggi di Kalangan Gen Z, Perindo Keempat

Berdasarkan survei tersebut, di kalangan generasi Z, PDI-P memiliki elektabilitas 19 persen, disusul oleh Partai Demokrat (18,4 persen), dan Partai Gerindra (13,9 persen).

Sementara itu, Partai Perindo yang tidak lolos ambang batas parlemen pada Pemilu 2019 memiliki elektabilitas 8 persen di kalangan generasi Z dan duduk di posisi keempat.

Elektabilitas Perindo di kalangan generasi Z dinilai menambal belum meratanya pemilih partai, terutama dari responden generasi X dan generasi Y.

Sebab, secara umum, hanya 4,5 persen akan memilih Partai Perindo jika pemilu dilaksanakan saat survei digelar.

"Perindo punya peluang kesuksesan jika dapat meramu program kerja yang sesuai dengan keresahan yang dihadapi kalangan muda dan pemilih mula," tulis peneliti Litbang Kompas Artia Nugraheni, dikutip dari Kompas.id, Rabu (2/11/2022).

Posisi Perindo diikuti oleh Partai Keadilan Sejahtera (5,6 persen), Partai Kebangkitan Bangsa (4,5 persen), Partai Nasdem (4,5 persen), Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional (3,3 persen).

Sementara itu, partai-partai lainnya memiliki elektabilitas di bawah 2 persen di kalangan generasi Z, sedangkan ada 13,2 responden yang menjawab tidak tahu, tidak ada, atau lainnya saat ditanya soal partai politik pilihan mereka.

https://nasional.kompas.com/read/2022/11/02/07312441/survei-litbang-kompas-elektabilitas-pdi-p-tertinggi-di-kalangan-gen-z

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke