Salin Artikel

Koalisi yang Dibangun PKB-PKS Buka Pintu bagi Partai Lain untuk Gabung

JAKARTA, KOMPAS.com - Koalisi yang tengah dijajaki Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuka pintu bagi partai politik lain yang ingin bergabung.

Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan, koalisi ini tinggal membutuhkan satu partai agar perolehan suara koalisi tersebut memenuhi ambang batas pencalonan presiden.

"Kalau ketemu begini, ini hamba-hamba Allah capres ingin melihat kita, lalu ketemu Aboe Bakar 'kapan kita jumpa?' Welcome, kita siap dengan Nasdem, kita siap Demokrat, kita siap dengan yang lain," kata Aboe di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Seperti diketahui, PKB memiliki 58 kursi di parlemen, sedangkan PKS mempunyai 50 kursi.

Dengan demikian, mereka membutuhkan 7 kursi lagi untuk bisa mencalonkan presiden, sesuai dengan ketentuan ambang batas pencalonan presiden yakni 20 persen kursi parlemen atau 115 kursi.

Aboe mengatakan, koalisi ini pun terbuka untuk membangun kerja sama dengan partai-partai yang sudah tergabung dengan poros lain, termasuk partai anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) atau PDI Perjuangan.

"Kalau yang di KIB mau datang ke kami, kami enggak nolak, misal ketemu lagi PAN atau Golkar, 'wah cocok nih barang nih'," ujar Aboe.

"(PDI-P) enggak masalah, cuman mau enggak PDI-P? Pokoknya sebelum janur kuning melengkung itu belum selesai," kata dia.

Mengenai sosok calon presiden yang akan diusung, Aboe juga menyebut koalisi ini terbuka bagi siapapun.

PKS, kata Aboe, tak masalah apabila PKB mengajukan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai calon presiden.

Namun, ia mengingatkan, penentuan nama calon presiden merupakan keputusan bersama koalisi dengan mempertimbangkan rekam jejak dan elektabilitas tokoh yang akan diusung.

"Kalau Cak Imin cocok, PKS ready dan siap, enggak masalah, tapi kami baru berdua nanti datang satu lagi, welcome, saya yakin Demokrat atau partai yang lain kami dengan PKB mengundang dengan pintu terbuka," kata Aboe.

https://nasional.kompas.com/read/2022/06/09/16540131/koalisi-yang-dibangun-pkb-pks-buka-pintu-bagi-partai-lain-untuk-gabung

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke