Salin Artikel

Menko PMK Ziarah ke Makam Habibie Hingga Malik Fadjar di TMP Kalibata

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudyaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Senin (2/5/2022).

Muhadjir melaksanakan ziarah usai menunaikan Shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal bersama Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin.

"Saya Shalat Id di Masjid Istiqlal mendampingi Wapres Pak Prof KH Ma’ruf Amin," ujar Muhadjir saat dihubungi Kompascom, Senin.

Di TMP Kalibata, ia berziarah ke sejumlah makam, di antaranya makam Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibi hingga Menteri Pendidikan Nasional RI Tahun 2001-2004 A Malik Fadjar.

"Ke makam Prof A Malik Fadjar, Presiden BJ Habiebie, Wapres Umar Wirahadukusuma, dan Pak Taufik Kiemas (Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat 2009-2013)," ucap dia.

Muhadjir mengatakan, Allah suka mengabulkan doa-doa yang ditujukan untuk orang lain dan untuk kepentingan orang banyak.

Lebih lanjut, mantan Mendikbud ini mengatakan orang beribadah puasa memproduksi energi positif.

Ia kemudian mengibaratkan orang puasa seperti orang yang memakai parfum, karena yang menikmati dampak positif dari puasa tidak hanya orang itu sendiri tetapi orang lain juga ikut menikmatinya.

"Mumpung energi positif masih sedang puncak-puncaknya mari kita gunakan berdoa untuk keselamatan dan kemajuan bangsa dan untuk siapa saja. Terutama untuk yang kita cintai dan kita hormati, yang sudah tiada. Insya Allah mudah terkabul," ujar dia.

https://nasional.kompas.com/read/2022/05/02/12530651/menko-pmk-ziarah-ke-makam-habibie-hingga-malik-fadjar-di-tmp-kalibata

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.