Salin Artikel

Bertemu Menlu Panama, Menteri Retno Bahas Kerja Sama Kesehatan hingga Pemberdayaan Perempuan

Pada pertemuan tersebut, Retno memaparkan, terdapat tiga isu yang dibahas mengenai potensi kerja sama kedua negara ke depan.

Isu pertama yakni mengenai kerja sama di bidang kesehatan.

Retno mengatakan, kedua belah pihak sepakat mengenai pentingnya kesetaraan akses vaksin untuk mengakhiri pandemi Covid-19.

"Saya menyatakan komitmen Indonesia untuk berkontribusi dalam memperkuat arsitektur kesehatan global dan menempatkan isu ini sebagai salah satu prioritas di dalam Presidensi G20," ujar Retno saat menyampaikan keterangan pers yang ditayangkan secara virtual.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo akan menjadi salah satu co-chair di dalam Covax AMC Summit pada 8 April 2022 mendatang yang menunjukkan komitmen Indonesia untuk mendukung Covax.

Adapun isu kedua yakni terkait potensi kerja sama di bidang pemulihan ekonomi pasca-pandemi.

Kedua negara sepakat untuk mendukung kerja sama di bidang ekonomi dengan mempererat hubungan sektor swasta masing-masing engara melalui Indonesia-Latin America and the Caribbean (INA-LAC) Business Forum, mengundang pelaku bisnis Panama untuk menggunakan INA Access, serta meningkatkan akses pasar produk Indonesia seperti perikanan, farmasi, serta garmen.

"Kami juga sepakat untuk mengeksplorasi kemungkinan kerja sama investasi yang lebih besar antara kedua negara, lantaran nilai investasi yang saat ini masih jauh dari level sebelum pandemi," ujar Retno.

Adapun poin ketiga terkait dengan pemberdayaan perempuan. Retno mengatakan, sebenarnya isu pemberdayaan perempuan telah dibicarakan kedua belah pihak melalui sambungan telepon.

"Dan dalam pertemuan kali ini, Menteri Mouynes dan saya berdiskusi mengenai peran penting perempuan di tengah pandemi dan proses pemulihan. Dan perempuan harus dan merupakan bagian integral dari pemulihan. Kami juga memiliki pandangan yang sama bahwa berinvestasi pada perempuan artinya berinvestasi untuk masa depan," tandas Retno.

https://nasional.kompas.com/read/2022/04/07/13455391/bertemu-menlu-panama-menteri-retno-bahas-kerja-sama-kesehatan-hingga

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.