Salin Artikel

Profil Rudy Salim yang Diperiksa Terkait Kasus Indra Kenz, Ogah Disebut "Crazy Rich" Walau Sukses Sejak Muda

Dengan kesuksesan di berbagai lini industri, banyak yang menyebut Rudy Salim sebagai "crazy rich". Namun ia enggan mendapat julukan tersebut.

"Wah saya bukan crazy rich," kata Rudy Salim saat ditemui di kawasan Pluit, Jakarta Utara, seperti dilansir dari pemberitaan Kompas.com, Jumat (11/3/2022).

Rudy Salim mengaku belum pantas disebut sebagai "crazy rich". Ia justru khawatir dengan sematan julukan itu.

"Kebanyakan yang Crazy Rich itu ujung-ujungnya malah kayak enggak beres ya," ujar tuturnya.

Lantas, seperti apa sosok Rudy Salim?

Mengutip pemberitaan Kompas.com, Jumat (18/3/2022), Rudy Salim menjalani passion-nya sebagai pengusaha sejak usia 19 tahun.

Saat itu, Rudy menjalani bisnis dunia game online dan microfinance.

Untuk modal usahanya, suami dari Tiffany Kosasih ini menjual mobil Mercedes yang merupakan pemberian orangtuanya.

Kesuksesan tak langsung diraih oleh Rudy. Modal bisnisnya sempat habis. Tak menyerah, ia memutar otaknya agar keinginannya menjadi seorang pengusaha tetap bisa ia dapatkan.

Dengan jerih payah, Rudy Salim akhirnya berhasil menjadi seorang pengusaha sukses setelah merintis bisnisnya dari nol.

Sempat akan jadi dokter

Sebelum sukses menjadi seorang pengusaha, Rudy Salim awalnya sempat menjalani pendidikan dokter.

Ini lantaran Rudy Salim datang dari keluarga yang berprofesi dokter. Hal tersebut terungkap dalam perbincangannya dengan komika Dodit Mulyanto yang diunggah di kanal YouTube milik Dodit.

Karena keluarganya turun temurun berprofesi sebagai dokter, termasuk tiga saudaranya, Rudy Salim diminta orangtuanya untuk mengikuti jejak yang sama.

Rudy awalnya mengikuti keinginan orangtuanya dan menempuh pendidikan kedokteran. Karena tak tertarik, kuliah Rudy pun tak berjalan mulus.

Pemilik showroom mobil mewah itu bahkan harus dua kali mengganti perguruan tinggi, namun berakhir drop out lantaran nilainya hancur.


Rudy Salim sempat diusir dari rumah dan tak diperbolehkan kembali sampai menjadi sukses. Ia pun membuktikannya dengan keberhasilannya saat ini.

Bahkan kesuksesan bapak dua anak ini di usia muda membuatnya banyak eksis di dunia hiburan Tanah Air.

Rudy Salim diketahui banyak bersosialisasi dengan artis-artis papan atas. Bahkan ia kerap muncul dalam kanal YouTube milik para artis, salah satunya adalah Rans Entertainment yang merupakan milik pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Akuisisi klub sepak bola bersama Raffi Ahmad

Bersama Raffi Ahmad, Rudy Salim sempat membuat gempar publik karena mengakuisisi klub sepak bola Cilegon United FC yang saat ini bernama RANS Cilegon FC.

Raffi Ahmad dan Rudy Salim bertindak sebagai Chairman di klub sepak bola itu.

RANS Entertainment dan Prestige Motorcars bekerja sama menciptakan arena olahraga berstandar internasional dengan lapangan bersertifikat FIFA yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk 2.

Tak hanya sepak bola, arena dengan luar 2,7 hektar tersebut rencananya akan menjadi pusat pelatihan berbagai olahraga seperti lapangan futsal, arena skateboard, lapangan bulu tangkis, tenis, basket, panjat dinding, hingga arena esport.

Meski tak mengungkap berapa nilai akuisisi klub, namun Rudi Salim mengatakan biaya pembangunan klub mencapai lebih dari Rp 300 miliar.

Pembangunan yang dimaksud sudah termasuk insfrastruktur penunjang seperti lapangan sepak bola di 10 kota dan satu akademi sepak bola.

"Di atas Rp 300 miliar nilai investasi total," kata Rudy Salim dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (1/4/2021), seperti dikutip dari Antara News.

"Bukan nilai akuisisi klub, tetapi untuk infrastruktur penunjang, pembelian tanah, pembangunan gedung, dan sebagainya," tambahnya.

Beli saham Leslar Entertainment

Tak cuma bisnis otomotif dan klub sepak bola, Rudy Salim juga melebarkan sayap ke industri hiburan.

Pemilik kanal YouTube Prestige Production tersebut baru-baru ini kembali menghebohkan jagad hiburan Tanah Air karena membeli saham Leslar Entertainment milik pasangan artis Rizky Billar dan Lesli Kejora.

Penandatanganan kontrak akuisisi dilakukan di showroom Prestige milik Rudy Salim, kawasan Pluit, Jakarta Utara pada Jumat (11/3/2022).

Rudy Salim menanamkan investasi di Leslar Entertainment termasuk di kanal YouTube dan beberapa produk lain dari Leslar Entertainment.

Ia beralasan hanya ingin berinvestasi di industri hiburan dengan mengakusisi beberapa persen saham Leslar Entertainment.

Sense Rudy Salim sebagai seorang pebisnis melihat Leslar Entertaiment memiliki potensi besar sehingga memutuskan untuk berkolaborasi dengan menanamkan sahamnya.


Rudy tertarik membeli saham Leslar Entertainment karena perkembangannya Leslar Entertainment sangat pesat.

Sebab belum satu tahun dibangun sejak Juni tahun lalu, Leslar Entertainment sudah memiliki memiliki valuasi aset mencapai ratusan miliar.

"Valuasinya sudah ratusan miliar rupiah, padahal baru dibentuk. Saya juga memantau, dan memang kemajuannya sangat pesat," ucap Rudy Salim.

Sebelum bekerja sama dengan Leslar Entertainment, Rudy Salim juga mengakusisi Sule Channel milik komedian Sule. Ia pun berinvestasi di akun YouTube Deddy Corbuzier yang sukses dengan acara podcast-nya.

Mengaku tak tahu Indra Kenz mitra Binomo

Rudy Salim memenuhi undangan Bareskrim Polri untuk diperiksa dalam kasus Indra Kenz. Ia dimintai keterangan karena Indra Kenz pernah membeli mobil mewah dari showroom miliknya.

Indra Kenz membeli mobil Tesla dari Showroom Prestige Motorcars. Rudy Salim menyatakan transaksi jual beli itu tidak dilakukannya langsung.

Menurut Rudy, komunikasi jual beli mobil dengan Indra dilakukan lewat tim marketingnya alias sales. Ia juga menyatakan tak begitu dekat dengan Indra Kenz.

"Kenalannya pas bikin konten aja," terang Rudy Salim usai menjalani pemeriksaan di gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (18/3/2022).

Rudy Salim juga mengaku tidak tahu Indra Kenz merupakan afiliator Binomo, yang merupakan aplikasi ilegal trading berkedok binary option.

"Enggak tahu. Saya kira itu youtuber keren gitu kan, influencer keren, 'murah banget', gitu. Enggak tahunya gitu," ungkap dia.

Kuasa hukum Rudy Salim, Frank Hutapea mengatakan, selama pemeriksaan di Bareskrim tak ada pembahasan soal pengembalian yang hasil penjualan mobil Tesla Indra Kenz.

Frank juga menekankan, transaksi penjualan mobil ke Indra Kenz dilakukan sesuai harga pasar.

"Uang nggak diminta dikembalikan. Karena memang itu transasksi normal jual beli sudah selesai sesuai harga pasar," sebut Frank.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Kombes Chandra Sukma Kumara.

Ia mengatakan uang hasil penjualan mobil dari Rudy dan Indra Kenz tidak akan diminta untuk diserahkan ke penyidik. Sebab mobil listrik tersebut sudah disita penyidik.

"Mobilnya kan sudah disita," kata Chandra saat dikonfirmasi, Jumat (18/3/2022).

Indra Kenz membeli mobil Tesla Model 3 Standard Range Plus yang dijual oleh Prestige Motorcar melalui platform e-commerce Tokopedia pada awal Januari 2021.

Transaksi pembelian itu sempat dipamerkan Indra Kenz di media sosial dan menjadi viral. Saat itu, pemilik nama asli Indra Kesuma tersebut mengaku membeli Tesla pukul 03.00 WIB karena iseng lantaran tidak bisa tidur.

Dalam pengakuannya, mobil listrik berwarna biru tersebut dibeli Indra Kenz seharga Rp 1,5 miliar. Namun polisi menyatakan mobil Tesla yang disita dari Indra Kenz bernilai Rp 1,3 miliar.

"Kemarin waktu gue nggak bisa tidur, gue iseng cek di Tokopedia dan ternyata kita bisa beli Tesla lewat Tokopedia. Langsung jam 3 pagi gue beli Tesla," ucap Indra Kenz pada video yang ia unggah 10 Januari 2021.

Kini mobil Tesla itu menjadi salah satu aset Indra Kenz yang disita polisi. Selain Tesla, mobil mewah Indra lainnya yang disita polisi adalah Ferrari, Lamborghini, dan Rolls-Royce.

Polisi juga menyita setidaknya 4 rumah mewah dan 1 apartemen milik sang influencer. Polisi saat ini masih menelusuri aset-aset Indra Kenz.

https://nasional.kompas.com/read/2022/03/18/18452821/profil-rudy-salim-yang-diperiksa-terkait-kasus-indra-kenz-ogah-disebut-crazy

Terkini Lainnya

Megawati Serahkan ‘Amicus Curiae’  ke MK, Anies: Menggambarkan Situasi Amat Serius

Megawati Serahkan ‘Amicus Curiae’ ke MK, Anies: Menggambarkan Situasi Amat Serius

Nasional
Megawati Ajukan Amicus Curiae, Airlangga: Kita Tunggu Putusan MK

Megawati Ajukan Amicus Curiae, Airlangga: Kita Tunggu Putusan MK

Nasional
Bupati Sidoarjo Tersangka Dugaan Korupsi, Muhaimin: Kita Bersedih, Jadi Pembelajaran

Bupati Sidoarjo Tersangka Dugaan Korupsi, Muhaimin: Kita Bersedih, Jadi Pembelajaran

Nasional
Airlangga Sebut Koalisi Prabowo Akan Berdiskusi terkait PPP yang Siap Gabung

Airlangga Sebut Koalisi Prabowo Akan Berdiskusi terkait PPP yang Siap Gabung

Nasional
Dikunjungi Cak Imin, Anies Mengaku Bahas Proses di MK

Dikunjungi Cak Imin, Anies Mengaku Bahas Proses di MK

Nasional
AMPI Resmi Deklarasi Dukung Airlangga Hartarto Jadi Ketum Golkar Lagi

AMPI Resmi Deklarasi Dukung Airlangga Hartarto Jadi Ketum Golkar Lagi

Nasional
MK Ungkap Baru Kali Ini Banyak Pihak Ajukan Diri sebagai Amicus Curiae

MK Ungkap Baru Kali Ini Banyak Pihak Ajukan Diri sebagai Amicus Curiae

Nasional
Bappilu PPP Sudah Dibubarkan, Nasib Sandiaga Ditentukan lewat Muktamar

Bappilu PPP Sudah Dibubarkan, Nasib Sandiaga Ditentukan lewat Muktamar

Nasional
Yusril Anggap Barang Bukti Beras Prabowo-Gibran di Sidang MK Tak Buktikan Apa-apa

Yusril Anggap Barang Bukti Beras Prabowo-Gibran di Sidang MK Tak Buktikan Apa-apa

Nasional
Panglima TNI Tegaskan Operasi Teritorial Tetap Dilakukan di Papua

Panglima TNI Tegaskan Operasi Teritorial Tetap Dilakukan di Papua

Nasional
TNI Kembali Pakai Istilah OPM, Pengamat: Cenderung Pakai Pendekatan Operasi Militer dalam Mengatasinya

TNI Kembali Pakai Istilah OPM, Pengamat: Cenderung Pakai Pendekatan Operasi Militer dalam Mengatasinya

Nasional
Tim Hukum Ganjar-Mahfud Tetap Beri Angka Nol untuk Perolehan Suara Prabowo-Gibran

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Tetap Beri Angka Nol untuk Perolehan Suara Prabowo-Gibran

Nasional
Soal Bantuan Presiden, Kubu Ganjar-Mahfud: Kalau Itu Transparan, kenapa Tak Diumumkan dari Dulu?

Soal Bantuan Presiden, Kubu Ganjar-Mahfud: Kalau Itu Transparan, kenapa Tak Diumumkan dari Dulu?

Nasional
Minta MK Kabulkan Sengketa Hasil Pilpres, Kubu Anies: Kita Tidak Rela Pemimpin yang Terpilih Curang

Minta MK Kabulkan Sengketa Hasil Pilpres, Kubu Anies: Kita Tidak Rela Pemimpin yang Terpilih Curang

Nasional
Mardiono Jajaki Pertemuan dengan Prabowo Setelah Putusan MK

Mardiono Jajaki Pertemuan dengan Prabowo Setelah Putusan MK

Nasional
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke