Salin Artikel

Mendagri Apresiasi Pemerintah Daerah yang Mampu Realisasikan APBD 2021

Adapun provinsi yang dinilai persentase realisasi pendapatan APBD tertinggi di antaranya, Sumatera Barat, Gorontalo, Riau, Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Barat, Jambi, Lampung, Maluku Utara, dan beberapa provinsi lainnya.

"Di atas 80 persen itu Provinsi Sumbar, terima kasih banyak, pendapatannya 88,97 persen, mudah-mudahan nanti di akhir tahun bisa melebihi itu," kata Tito dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (23/11/2021).

Kemudian pada tingkatan kabupaten, lanjut Tito, persentasi realisasi pendapatan APBD tertinggi yakni pada Kabupaten Sintang, Gayo Lues, Bojonegoro, Bengkalis, Mimika, Kutai Timur, Kudus, Kotawaringin Barat, Purworejo, Gunung Mas.

Sementara pada tingkat kota dengan persentase realisasi pendapatan APBD tertinggi 2021 yakni Semarang, Magelang, Blitar, Payakumbuh, Tangerang Selatan, Tomohon, Solok, Tarakan, Metro, Denpasar, dan beberapa kota lainnya.

Kendati demikian, lanjut Tito, masih terdapat daerah dengan capaian realisasi belanja yang tinggi dan rendah. Ia pun mengimbau daerah yang realisasi belanjanya masih rendah agar mempercepat belanjanya.

"Mungkin ada kontrak-kontrak yang memang harus dibayarkan di akhir tahun, mudah-mudahan itu, silakan digunakan, silakan untuk dibayarkan sesuai aturan," ucapnya.

Adapun daftar provinsi dengan realisasi belanja terendah antara lain Papua, Sulawesi Barat, Papua Barat, Sulawesi Utara, Kalimantan Utara, Aceh, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan beberapa daerah lainnya.

Pada tingkat kabupaten realisasi belanja terendah antara lain Tolikara, Penajam Paser Utara, Yalimo, Mamberamo Raya, Mahakam Ulu, dan beberapa kabupaten lainnya.

Sementara untuk kota dengan realisasi belanja terendah antara lain Cimahi, Tanjung Balai, Sorong, Sibolga, Bau-Bau, Batu, dan beberapa kota lainnya.

Oleh karena itu, Tito meminta Pemda untuk mempercepat realisasi belanja APBD pasalnya, belanja daerah akan mengakibatkan uang beredar di tengah masyarakat.

"Dampaknya, daya beli dan konsumsi di tingkat rumah tangga diharapkan juga akan meningkat," ucap dia.

https://nasional.kompas.com/read/2021/11/23/15271571/mendagri-apresiasi-pemerintah-daerah-yang-mampu-realisasikan-apbd-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.