Salin Artikel

Menko PMK Sebut Vaksinasi di Kabupaten Jayapura Catat Kemajuan Pesat

KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Provinsi Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura, mencatat kemajuan pesat.

“Alhamdulillah, tadi sudah dilaporkan, di sini (Kelurahan Entrop, Kota Jayapura) vaksinasi tahap pertama sudah 60 persen lebih, dan tahap kedua sudah 30 persen lebih,” jelas Muhadjir.

Hal tersebut disampaikan Muhadjir saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Twano, Kelurahan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (13/11/2021).

Sebagai informasi, menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang dikuti Kompas.com dari laman vaksin.kemkes.go.id, Senin (15/11/2021), tercatat hingga 15 November 2021 pukul 12.00 WIB, capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Provinsi Papua mencapai 654.991 orang atau 25,35 persen dari target.

Untuk vaksinasi dosis kedua, tercatat sebanyak 473.875 orang atau 18,34 persen dari target telah divaksinasi.

Adapun dari sumber yang sama tercatat capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Kota Jayapura mencapai 167.257 orang atau 72,14 persen dari target yang ditetapkan provinsi.

Untuk vaksinasi dosis kedua di Kota Jayapura mencapai 114.665 orang atau setara 49,45 persen dari target.

Pada kesempatan sama, Muhadjir menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi untuk anak-anak usia 6 sampai 11 tahun di Papua telah dimulai.

“Sekarang juga sudah mulai memvaksin anak-anak 11 tahun ke bawah,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin.

Ia menilai, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak sama pentingnya dengan vaksinasi pada orang dewasa.

“Ini suatu hal yang penting agar anak-anak mendapatkan pendidikan yang setara, yang sama dengan mereka yang dewasa, terutama dalam menghadapi pembelajaran tatap muka (PTM),” paparnya.

Menurut Muhadjir, vaksinasi akan membuat anak lebih aman saat melaksanakan PTM.

Meskipun demikian, pemerintah mengimbau agar masyarakat yang sudah divaksinasi tetap patuh pada protokol kesehatan (prokes) 6M sesuai sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 16 Tahun 2021.

Prokes 6M meliputi kewajiban untuk memakai masker, mencuci tangan atau membersihkan tangan dengan hand sanitizer, menjaga jarak, menjauhi dan mencegah kerumunan, serta menghindari makan bersama.

Sementara itu, selain meninjau vaksinasi di Kelurahan Entrop, Jayapura, ia juga menyerahkan bantuan jaring dan mesin motor untuk membersihkan sampah di Kelurahan Imbi, Distrik Jayapura Utara.

Muhadjir pun menyempatkan diri menyaksikan pertandingan judo pada gelaran Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021.

Tulisan ini telah tayang sebelumnya dengan judul "Menko PMK: Vaksinasi Covid-19 untuk Anak di Papua Sudah Dimulai"

Penulis : Fitria Chusna Farisa   |   Editor : Egidius Patnistik

https://nasional.kompas.com/read/2021/11/15/13480401/menko-pmk-sebut-vaksinasi-di-kabupaten-jayapura-catat-kemajuan-pesat

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.