Salin Artikel

Menko PMK Minta Mahasiswa Dilibatkan dalam Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Papua

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah telah melakukan beragam kebijakan dan program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

Hanya saja dalam pelaksanaannya dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak agar tujuan tersebut tercapai.

Antara lain pihak swasta, perguruan tinggi, masyarakat madani, dan media massa.

"Tanpa ada dukungan dari kampus, dari masyarakat, sektor swasta, tentu saja program-program yang kita lakukan ini tidak akan bisa berjalan seperti yang diharapkan. Karena itu kita memerlukan pentahelix," ujar Muhadjir saat kunjungan kerja di Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, dikutip dari siaran pers, Sabtu (13/11/2021).

Menurut Muhadjir, peran perguruan tinggi merupakan yang paling vital untuk mendukung beragam program kebijakan yang telah dicanangkan pemerintah.

Termasuk dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

"Jadi saya harap agar para mahasiswa di perguruan tinggi dengan keilmuannya dapat diterapkan langsung kepada masyarakat," kata dia.

Muhadjir mengatakan, hal tersebut sesuai dengan program Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan pengabdian masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Dengan demikian, kata dia, hal tersebut dinilainya sangat menguntungkan perguruan tinggi.

Pasalnya, Muhadjir menilai bahwa terdapat pintu bagi mahasiswa untuk menjalin hubungan dengan masyarakat sehingga bisa berlatih di dunia nyata dan menghadapi tantangan sesungguhnya.

Muhadjir pun meminta Rektor Universitas Cenderawasih Apolo Safanpo untuk memperbanyak jumlah mahasiswa yang ikut terlibat dalam program-program sosial di masyarakat.

"Saya yakin Papua akan maju apabila perguruan tinggi terlibat aktif dalam pembangunan. Tanpa keterlibatan perguruan tinggi, mustahil Papua akan maju. Karena itu mohon mahasiswa bergerak terus di tengah masyarakat," tegas Muhadjir.

Sementara itu, Menteri Sosial Tri Rismaharani yang turut hadir mengatakan, pihaknya telah mencanangkan berbagai program untuk menyejahterakan masyarakat Papua.

Di antaranya melalui pelatihan-pelatihan kewirausahaan seperti menjahit, membuat kerajinan tangan, beternak, bertani, dan lainnya.

"Selain itu kami juga melakukan program pemberdayaan rute aksesibilitas di kawasan yang sulit dijangkau seperti di wilayah Membramo sampai Sarmi," kata dia.

Dalam hal itu, pihaknya bekerja sama dengan Institut Teknologi Surabaya dan Universitas Cenderawasih untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat dalam membuat perahu fiber.

Adapun dalam kunjungan tersebut Kementerian Sosial juga memberikan ragam bantuan sosial untuk masyarakat Papua.

Mulai dari bantuan atensi sosial hingga satu unit perahu fiber untuk masyarakat Mamberamo Raya.

https://nasional.kompas.com/read/2021/11/13/11271281/menko-pmk-minta-mahasiswa-dilibatkan-dalam-tingkatkan-kesejahteraan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.