Salin Artikel

Mendagri Minta Daerah Siapkan Skenario Penanganan Lonjakan Kasus Covid-19

Tito menuturkan, kondisi terakhir yang menunjukkan landainya kasus Covid-19 tak lantas membuat masyarakat berpuas diri.

Mantan Kapolri ini mengatakan, pemerintah pun tak langsung melongggarkan kegiatan masyarakat secara penuh. Pelonggaran, kata Tito, dilakukan bertahap, berlanjut, dan bertingkat.

Di sisi lain, Tito juga meminta pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota menyiapkan skenario jika ada lonjakan Kasus Covid-19 yang disebabkan varian baru. 

"Justru landai saat seperti ini semua stakeholder, baik provinsi maupun kabupaten kota, harus mempersiapkan skenario jika ada gelombang varian baru," kata Mendagri, Jumat (24/9/2021) dikutip dari Antara.

Menurut Tito, skenario yang dibuat pemerintah pusat tetap sama sebagai langkah penanganan pandemi Covid-19.

Skenario tersebut, di antaranya meningkatkan kapasitas kesehatan, seperti ketersediaan obat dan oksigen, serta tempat isolasi terpusat (isoter) bagi penderita Covid-19.

Untuk pendataan, Mendagri meminta pemda agar tak salah pada proses input terkait dengan angka-angka yang menjadi indikator penanganan. 

Hal itu, kata Tito, berkaitan dengan status level penanganan pandemi yang akan ditetapkan pemerintah pusat pada daerah tersebut.

Sebelumnya pernah teradi kesalahan pada proses input data di tingkat pemda yang berpengaruh pada penentuan level penanganan pendemi. 

"Data perlu di-cleansing, dilaporkan dengan real, real dalam minggu itu," kata Mendagri.

Dikatakan pula bahwa permasalahan penanganan Covid-19 pada daerah padat penduduk juga mesti dicermati dengan baik.

https://nasional.kompas.com/read/2021/09/24/23254541/mendagri-minta-daerah-siapkan-skenario-penanganan-lonjakan-kasus-covid-19

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke