Salin Artikel

Menkes: Tak Mudik Cara Jaga Orang Tercinta dari Potensi Tertular Covid-19

Ia meyakini, kemenangan yang sesungguhnya di Lebaran tahun ini adalah menjaga orang yang tercinta dari potensi penularan Covid-19.

"Saya memahami bahwa merayakan hari kemenangan di masa pandemi ini tidaklah mudah. Namun demikian, kita akan menjadi pemenang yang sesungguhnya, ketika kita berhasil menjaga orang-orang yang kita cintai dari potensi penularan Covid-19 dengan tidak mudik," kata Menkes Budi seperti dilansir dari kantor berita Antara, Kamis (13/4/2021).

Budi menambahkkan, Hari Raya Idul Fitri tahun ini masih harus dijalani dalam suasana yang berbeda karena pandemi Covid-19.

Hal itu membuat sebagian besar masyarakat tidak bisa merayakan Lebaran bersama keluarga karena mudik berpotensi besar menularkan Covid-19 kepada orang lain.

"Sehingga kita mungkin tidak bisa bersilaturahim seperti biasa, agar kita terhindar dari penularan Covid-19," ujarnya.

Kendati demikian, ia menyarankan masyarakat untuk melakukan silaturahmi virtual dengan memanfaatkan berbagai sarana teknologi komunikasi yang ada.

Selaku Menteri Kesehatan, Budi mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh rakyat Indonesia.

"Saya Budi Sadikin, beserta seluruh keluarga besar Kementerian Kesehatan mengucapkan selamat Idul Fitri 1 syawal 1442 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Menteri Kesehatan (Menkes) Dante Saksono. Ia meminta masyarakat menahan diri untuk tidak melakukan mobilitas seperti aktivitas mudik ataupun silaturahmi secara fisik.

Dante mengajak masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan atau keramaian.

"Kita tidak bisa bersilaturahmi seperti biasa. Kita masih harus menahan diri agar dapat membantu menurunkan kasus Covid-19," kata dia.

Melalui Sidang Isbat, Kementerian Agama menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah jatuh pada Kamis ini.

https://nasional.kompas.com/read/2021/05/13/16422461/menkes-tak-mudik-cara-jaga-orang-tercinta-dari-potensi-tertular-covid-19

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.