Salin Artikel

Mengundurkan Diri sebagai Menristek, Bambang Brodjonegoro Ingin Kembali Mengajar

JAKARTA, KOMPAS.com - Bambang Brodjonegoro tak lagi menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Pasalnya, Kementerian Riset dan Teknologi kini dilebur dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk memimpin kementerian itu, Presiden Joko Widodo melantik Nadiem Makarim sebagai Mendikbud-Ristek.

Sementara, BRIN kini menjadi lembaga tersendiri. Lembaga itu diketuai oleh Laksana Tri Handoko.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bahwa Bambang memang mengundurkan diri sebagai Menristek/Kepala BRIN.

Lantas, pasca purna-tugas, apa rencana Bambang?

Bambang santer disebut-sebut akan menjadi Komisaris Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI). Namun, ia membantah informasi tersebut.

”Iya, saya mundur sebagai Menristek/Kepala BRIN, tetapi tidak menjadi Komut (Komisaris Utama) BRI,” katanya kepada Kompas, Selasa (27/4/2021).

Bambang mengaku akan kembali mengajar di Universitas Indonesia sebagai guru besar.

Terkait kabar yang menyebutkan Bambang akan menduduki posisi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur, sejauh ini belum dapat ditindaklanjuti.

Sebab, Undang-undang tentang Ibu Kota Negara Baru (IKN) baru disiapkan surat presiden (surpres)-nya untuk diserahkan ke DPR. UU IKN sendiri sudah difinalisasi di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Adapun pelantikan Nadiem Makarim sebagai Mendikbud-Ristek dan Laksana Tri Handoko sebagai Kepala BRIN digelar di Istana Negera, Jakarta, Rabu (28/4/2021).

https://nasional.kompas.com/read/2021/04/28/16313591/mengundurkan-diri-sebagai-menristek-bambang-brodjonegoro-ingin-kembali

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.