Salin Artikel

Laboratorium Inovasi, Terobosan LAN Dorong Reformasi Birokrasi di Daerah

KOMPAS.com – Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto mengatakan, inovasi merupakan hal penting dalam reformasi birokrasi.

Pernyataan itu ia sampaikan saat membuka Laboratorium Inovasi secara resmi di Kabupaten Manggarai via konferensi video, Kamis (14/5/2020).

Pembukaan Laboratorium Inovasi itu sejalan dengan pesan Presiden Joko Widodo yang meminta reformasi birokrasi dilakukan dengan bekerja tidak menggunakan cara biasa atau menggagas terobosan baru.

Selain Kabupaten Manggarai, ada tiga daerah lain yang akan menjadi lokasi Laboratorium Inovasi LAN pada 2020, yakni Kabupaten Mamuju Tengah, Kabupaten Seluma, dan Kabupaten Pandeglang.

Kepala LAN pun berharap Kabupaten Manggarai menjadi lahan inovasi, sehingga menjadi contoh kabupaten lainnya.

Ia melanjutkan, selama ini memang banyak daerah yang memiliki beragam inovasi, tetapi masih perlu didorong lagi cara penyampaiannya.

Adi melanjutkan, wabah coronavirus disease 2019 (Covid-19) menjadi momentum untuk melakukan banyak perubahan.

“Kalau kita selalu di zona nyaman, maka tidak akan ada perubahan,” ujar dia dalam keterangan tertulis.

Guna mencapai birokrasi berkelas dunia, sambung Adi, inovasi harus menjadi virus yang dengan cepat menyebar ke pelosok negeri.

Semangat inoviasi di Manggarai

Kepala LAN sendiri menganggap bahwa masyarakat Kabupaten Manggarai memiliki semangat inovasi yang tinggi.

“Hal tersebut menjadi salah satu kunci keberhasilan. Kultur inovasi dalam organisasi juga mendukung keberhasilan penerapan inovasi,” imbuh dia.

Selanjutnya, ujar Adi, keberhasilan inovasi ditentukan dari bagaimana aparatur sipil negara (ASN) mengelola inovasi tersebut.

Pembangunan Laboratorium Inovasi itu pun mendapat dukungan penuh dari Bupati Manggarai Deno Kamelus.

Menurut dia, ada beberapa inovasi yang sudah dilakukan Kabupaten Manggarai, tetapi belum cukup memadai sehingga butuh pendampingan dari LAN.

“Ucapan terima kasih kami ucapkan kepada LAN karena Manggarai sudah ditunjuk untuk mendapat pendampingan,” kata Deno.

Sementara itu, kegiatan pembukaan juga diisi dengan pemberian materi bertajuk Membangun Komitmen Bersama dalam Berinovasi di Kabupaten Manggarai.

Materi disampaikan Deputi Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara Tri Widodo Wahyu Utomo.

Ia menekankan pentingnya pemimpin dalam menggerakkan lingkungan dan menyelaraskan gerak dalam berinovasi.

Selanjutnya, tim dari Pusat Inovasi Administrasi Negara menyampaikan materi tahapan diagnose dalam Laboratorium Inovasi.

Hadir dalam acara pembukaan itu melalui konferensi video, Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara Isti Heriani dan 119 peserta dari 37 organisasi perangkat daerah Kabupaten Manggarai.

https://nasional.kompas.com/read/2020/05/15/17060611/laboratorium-inovasi-terobosan-lan-dorong-reformasi-birokrasi-di-daerah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.