Salin Artikel

Mengenang Ani Yudhoyono, Inspirasi Ketangguhan Pemimpin Perempuan

RABU (10/7/2019), tepat 40 hari Hj Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono meninggalkan bangsa Indonesia. Banyak hikmah dan pelajaran yang bisa dipetik dari perjalanan hidup mantan Ibu Negara tersebut.

Laku keseharian Ani Yudhoyono tidak hanya merepresentasikan sosok ibu yang baik, tetapi juga menjadi cermin bagi hadirnya kepemimpinan perempuan yang kuat, kreatif, dan tangguh.

Sebagai seorang Ibu Negara (2004-2014), aktivitas mendiang Ibu Ani tidak hanya sebatas menjalankan agenda yang tercatat dalam daftar panjang kegiatan istana. Sepak terjang Ibu Ani juga ditentukan oleh visi, misi, nilai, dan cara pandangnya dalam melihat berbagai masalah sosial kemasyarakatan di sekitarnya.

Ani Yudhoyono tidak hanya menjadi simbol pendamping bagi figur Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), tetapi juga partner yang baik dan produktif untuk berdiskusi dan memperkaya wacana guna menemukan perspektif baru serta solusi terbaik bagi masa depan bangsa Indonesia.

Laiknya Margareth Thatcher, Corazon Aquino, dan para pemimpin perempuan dunia lainnya, sosok Ani Yudhoyono telah pula membuktikan dirinya memiliki kapasitas pribadi yang kuat, tekun, rasional dan tangguh.

Tiga kenangan

Karena itu, perannya sebagai Ibu Negara benar-benar mampu menghadirkan nuansa berbeda dan mendukung target-target pemerintahan yang ada. Setidaknya, hal itu tercermin dari sejumlah pengalaman berikut ini.

Pertama, pribadi Ani Yudhoyono merupakan perempuan kuat dan tangguh, baik secara fisik maupun psikologis. Di tengah situasi tegang dan krisis, sosok Ani Yudhoyono mampu menjadi sandaran yang menghadirkan ketenangan bagi pihak-pihak di sekitarnya.

Saat awal kabar bencana tsunami Aceh tersiar, suasana tegang yang berselimut ketidakpastian atas nasib masyarakat lokal benar-benar membayangi langkah dan gerak pemerintahan SBY untuk menjalankan tanggap darurat pasca bencana kala itu (2004-2005).

Di malam pertama itu juga, Ani Yudhoyono secara langsung mengorganisasi pembacaan surat Yasin dan doa bersama untuk keselamatan bangsa.

Pada saat yang sama, ia juga mulai berusaha untuk mengorganisasi penggalangan bantuan bencana dari saudara, kerabat, teman, kolega dan, jaringan di sekitarnya, agar segera siap untuk dibawa ke medan bencana di Aceh yang luluh lantak.

Di tengah situasi psikologis bangsa yang tengah goncang seperti itu, Ani Yudhoyono mampu tampil dengan kuat dan cekatan untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakatnya. Semua itu ia lakukan dengan tegar.

Meskipun, ketegaran itu akhirnya juga meleleh saat dirinya langsung datang dan menyapa para korban bencana di berbagai titik di Tanah Nangroe tersebut.

Karena itu, wajar jika kenangan batin masyarakat Aceh terhadap besarnya perhatian dan juga pelukan erat Ani Yudhoyono untuk anak-anak yang kehilangan orangtua dan juga para orangtua yang kehilangan sanak familinya itu, tak akan lekang oleh zaman.

Kedua, Ani Yudhoyono merupakan diplomat dan juru komunikasi yang andal. Sebagai Ibu Negara, Ani Yudhoyono tidak hanya mahir mempromosikan produk-produk kerajinan nasional kepada para pemimpin dunia, tetapi juga mampu menjaga keseimbangan dalam relasi hubungan internasional.

Peran itu ia jalankan melalui peran-peran informal dalam proses interaksi dan komunikasi dengan para pemimpin dunia bersama pasangan mereka masing-masing.

Pengalaman itu dikonfirmasi oleh testimoni mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal (2019). Dia secara jelas menceritakan bagaimana Ani Yudhoyono mampu menetralisasi sejumlah potensi ketegangan yang muncul dalam proses komunikasi antara Presiden SBY dan para pemimpin negara-negara mitra terkait pokok pembahasan yang cukup sensitif.

Keluwesan Ibu Ani Yudhoyono dalam menjaga komunikasi dengan istri para pemimpin dunia tersebut, terbukti efektif dalam meredam sejumlah potensi ketegangan yang bisa jadi berkembang menjadi krisis hubungan bilateral antar-negara. Di level ini, jelas peran Ani Yudhoyono tidak bisa dipandang sebelah mata.

Ketiga, Ani Yudhoyono merupakan pribadi perempuan yang sarat dengan nilai-nilai inovasi dan kreativitas.

Hal itu tidak hanya diwujudkan dalam laku kesehariannya yang sangat mencintai fotografi, batik, kriya, dan kerajinan-kerajinan tradisional lain yang diproduksi masyarakat Indonesia, tetapi juga dibuktikan melalui keberpihakan dan dukungannya yang besar untuk memberdayakan ekonomi kreatif nasional.

Keberpihakan tersebut sebagaimana testimoni mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu (2019). Menurut Mari, Ani Yudhoyono merupakan salah satu figur terdepan yang mendorong geliat ekonomi kreatif nasional.

Wujudnya, mulai dari menyuarakan usulan agar pusat-pusat perbelanjaan modern menyediakan tempat khusus bagi pelaku kreatif untuk memajang produksinya, hingga membuatkan etalase unik untuk produk kreatif binaan dengan brand bernama The Best of Indonesia.

Ani juga mendorong perlindungan buruh dan pemenuhan hak-hak perempuan di dunia usaha, hingga mengusulkan adanya kebijakan agar bioskop-bioskop nasional tetap bisa memberi ruang dan porsi tersendiri bagi pemutaran film-film garapan anak bangsa agar tetap mampu bersaing dalam kompetisi pasar di negeri sendiri.

Semua itu mengindikasikan besarnya visi, kesadaran dan kepedulian mendiang Ani Yudhoyono terhadap geliat dan masa depan ekonomi kreatif nasional. Maka tak heran jika Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (2014) pernah menganugerahi penghargaan Dharma Cipta Utama kepada almarhumah.

Sosok Ani Yudhoyono merupakan cermin yang terang bagi hadirnya perempuan modern yang mampu menjaga identitas kebudayaannya serta tampil prima sebagai pemimpin perempuan yang tegas, berani dan inovatif untuk merespon kondisi sosial-kemasyarakatan di sekitarnya. Posisi ‘Ibu Negara’ memang bukanlah jabatan struktural. Tetapi di tangan Ani Yudhoyono, peran Ibu Negara itu terasa amat signifikan, efektif dan fungsional dalam menunjang upaya dan target-target pemerintahan.  

Selain itu, sebagai teman diskusi sehari-hari Kepala Negara (2004-2014), Ani Yudhoyono mengajarkan kepada kita tentang makna kegigihan dan fokus pada hal detail dalam pekerjaan.

Di berbagai kegiatan politik dan kenegaraan saat mendampingi sang suami tercinta, Ani Yudhoyono tampak sering membuat notulensi diskusi yang berisi catatan informasi dan masukan masyarakat. Saat Presiden SBY membutuhkan informasi yang terlewatkan, Ani Yudhoyono tak canggung mengingatkan.

Semua itu ia lakukan dengan tekun, telaten, dan penuh suka cita. Bahkan, di pengujung akhir hayatnya sekalipun, Ani Yudhoyono dengan sengaja dan rapi menuliskan semua tindakan medis yang ia terima dari tim dokter selama menjalani perawatan intensif melawan kanker darah di National University Hospital (NUH), Singapura.

Seolah sembari menata hati untuk bersiap menghadap Sang Khalik, dengan detail ia catat setiap nama obat, dosis yang diberikan, serta terapi yang ia jalani selama di pembaringan.

Kepergian Ani Yudhoyono akan menjadi lentera bagi kesadaran anak bangsa agar senantisa menjadi pribadi yang unggul, kuat, dan penuh optimisme menyambut masa depan.

Ia sering berpesan, “Setiap dari kita akan berpulang menyatu dengan tanah. Saat itu datang, nilai-nilai yang ditinggalkan manusia sepanjang hidupnya-lah, yang akan mengharumkan pengistirahatannya yang terakhir”.

Semoga amal bakti dan doa segenap masyarakat Indonesia menjadi penerang bagi kuburnya dan melapangkan jalan menghadap Sang Pencipta. 

https://nasional.kompas.com/read/2019/07/11/18420971/mengenang-ani-yudhoyono-inspirasi-ketangguhan-pemimpin-perempuan

Terkini Lainnya

TKN Prabowo-Gibran Akan Gelar Nobar Sederhana untuk Pantau Putusan MK

TKN Prabowo-Gibran Akan Gelar Nobar Sederhana untuk Pantau Putusan MK

Nasional
Jelang Putusan Sengketa Pilpres: MK Bantah Bocoran Putusan, Dapat Karangan Bunga

Jelang Putusan Sengketa Pilpres: MK Bantah Bocoran Putusan, Dapat Karangan Bunga

Nasional
Skenario Putusan Mahkamah Konstitusi dalam Sengketa Pilpres 2024

Skenario Putusan Mahkamah Konstitusi dalam Sengketa Pilpres 2024

Nasional
Kejagung Terus Telusuri Aset Mewah Harvey Moeis, Jet Pribadi Kini dalam Bidikan

Kejagung Terus Telusuri Aset Mewah Harvey Moeis, Jet Pribadi Kini dalam Bidikan

Nasional
Yusril Tegaskan Pencalonan Gibran Sah dan Optimistis dengan Putusan MK

Yusril Tegaskan Pencalonan Gibran Sah dan Optimistis dengan Putusan MK

Nasional
Soal Tawaran Masuk Parpol, Sudirman Said: Belum Ada karena Saya Bukan Anak Presiden

Soal Tawaran Masuk Parpol, Sudirman Said: Belum Ada karena Saya Bukan Anak Presiden

Nasional
Sudirman Said Beberkan Alasan Tokoh Pengusung Anies Tak Ajukan 'Amicus Curiae' seperti Megawati

Sudirman Said Beberkan Alasan Tokoh Pengusung Anies Tak Ajukan "Amicus Curiae" seperti Megawati

Nasional
Soal Peluang Anies Maju Pilkada DKI, Sudirman Said: Prabowo Kalah 'Nyapres' Tidak Jadi Gubernur Jabar

Soal Peluang Anies Maju Pilkada DKI, Sudirman Said: Prabowo Kalah "Nyapres" Tidak Jadi Gubernur Jabar

Nasional
Beda Sikap PSI: Dulu Tolak Proporsional Tertutup, Kini Harap Berlaku di Pemilu 2029

Beda Sikap PSI: Dulu Tolak Proporsional Tertutup, Kini Harap Berlaku di Pemilu 2029

Nasional
Banjir “Amicus Curiae”, Akankah Lahir “Pahlawan” Pengadilan?

Banjir “Amicus Curiae”, Akankah Lahir “Pahlawan” Pengadilan?

Nasional
Tanggal 22 April 2024 Memperingati Hari Apa?

Tanggal 22 April 2024 Memperingati Hari Apa?

Nasional
TNI Tembak 2 Anggota OPM yang Serang Pos Prajurit di Paro Nduga, tapi Berhasil Melarikan Diri

TNI Tembak 2 Anggota OPM yang Serang Pos Prajurit di Paro Nduga, tapi Berhasil Melarikan Diri

Nasional
Sebut Jaksa TI Tak Punya Mercy, KPK: Foto di Rumah Tetangga

Sebut Jaksa TI Tak Punya Mercy, KPK: Foto di Rumah Tetangga

Nasional
Kasus Korupsi Timah, Kejagung Dalami Kepemilikan Jet Pribadi Harvey Moeis

Kasus Korupsi Timah, Kejagung Dalami Kepemilikan Jet Pribadi Harvey Moeis

Nasional
Prabowo Minta Pendukung Tak Gelar Aksi saat MK Bacakan Putusan Sengketa Pilpres 2024

Prabowo Minta Pendukung Tak Gelar Aksi saat MK Bacakan Putusan Sengketa Pilpres 2024

Nasional
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke