Salin Artikel

Inti dari Debat Akan Tunjukkan Perbedaan Perspektif antara Jokowi dan Prabowo

"Nah yang mau dicari itu (debat) adalah apa yang menjadi perbedaan perspektif dari antara kedua capres dan kebijakan yang akan diambil," kata Hikmahanto saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (29/12/2018).

Hikmahanto mencontohkan, dalam konteks politik seperti di Amerika Serikat, terdapat isu kontroversial yang jadi materi saat debat capres antara Donald Trump dan Hillary Clinton. Isu kontroversial tersebut mengenai legal atau tidaknya aborsi.

"Nah ini kan kontroversial, kedua capres memiliki perspektif yang berbeda. Jadi akan terlihat kontrasnya dan terlihat bagaimana ideologi atau perspektif itu diambil dan kemudian diwujudkan dalam bentuk kebijakan menjadi presiden," ungkapnya.

Maka dari itu, Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) ini menyatakan isu kontroversial juga akan ada dalam debat pertama Pilpres 2019. Namun, ia tidak bisa memberikan contoh permasalahan yang akan diangkat.

Yang pasti, lanjutnya, para panelis akan netral dengan pertanyaan dan materi yang dibuat. Bahan debat juga akan dicocokan dengan aspirasi masyarakat.

"Kita (panelis) harus bisa formulasikan masalah, termasuk isu kontroversial yang bisa dilihat dari dua perspektif yang berbeda. Kemudian isu tersebut dibahas oleh kedua capres dan masyarakat tinggal memilih," imbuhnya kemudian.

Di sisi lain, Hikmahanto juga meminta Jokowi dan Prabowo memperhatikan pemilih pemula dan yang belum menentukan pilihan dalam setiap perspektif yang diutarakan.

"Pemilih pemula dan yang belum menentukan pilihan perlu diperhatikan para kandidat dengan jawaban atas pertanyaan yang akan disampaikan nantinya," pungkasnya.

https://nasional.kompas.com/read/2018/12/29/16074791/inti-dari-debat-akan-tunjukkan-perbedaan-perspektif-antara-jokowi-dan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.