Salin Artikel

Menhub: Arus Mudik Lebaran Tahun Ini Berjalan Lancar

"Semua berjalan baik. Kami pantau juga dari atas, kalaupun ada macet sedikit karena kecelakaan. Tadi ada antre panjang yang di pintu tol tapi belum sampai 5 kilometer," ujar Budi dikutip dari laman www.setkab.go.id.

Menhub dan sejumlah menteri memantau arus mudik Lebaran 2018 dengan meninjau kondisi arus mudik di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pejabat lain yang ikut meninjau, yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Titik pertama yang dikunjungi, Pos Polisi Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat. Di sana rombongan meninjau dan menerima paparan dari Kapolda Jawa Barat terkait pantauan arus mudik di wilayah Jawa Barat.

Rombongan kemudian berlanjut ke titik kedua, yaitu Gerbang Tol Kertasari.

Di sana, rombongan kembali melakukan meninjau serta menerima paparan dari Kapolda Jawa Tengah terkait pantauan arus mudik di wilayah Jawa Tengah.

Lalu, titik terakhir yang dikunjungi adalah di rest area 575 Ngawi, Jawa Timur.

Di sana rombongan juga melakukan meninjau serta menerima paparan dari Kapolda Jawa Timur terkait pantauan arus mudik di wilayah Jawa Timur.

Menhub mengatakan, Polri memiliki wewenang untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas apabila ada peningkatan volume kendaraan pada sebuah ruas jalan.

"Alangkah baiknya apabila kita bisa mengatur dengan baik, maka kita tegaskan lagi kewenangan Kakorlantas untuk bisa melakukan diskresi apabila kemacetan itu terjadi," ujar Budi.

Budi juga menekankan pentingnya pemerintah daerah melaksanakan ramp check. Saat datang ke beberapa terminal bus di Jawa Timur, Menhub mengakui bahwa meskipun Dinas Perhubungan dan Polda sudah melaksanakan ramp check, namun belum maksimal.

Ia meminta Dishub dan Polda bertindak tegas atas kendaraan yang belum dilakukan ramp check.

Sebab banyak bus yang bagus, namun belum mendapatkan stiker tanda telah dilakukan ramp check.

"Untuk di Jawa Timur, secara kebetulan ketika saya melakukan ramp check busnya bagus, tapi tidak mendapatkan stiker. Padahal stiker itu menjadi panduan untuk memeriksa mereka," lanjut dia.

Budi menambahkan, pihaknya juga memperhatikan aktivitas liburan masyarakat ke daerah wisata.

Demi keamanan dan keselamatan, Budi menginstruksikan Dishub dan Polda untuk memeriksa kelaikan jalan bus-bus pariwisata.

"Setelah Lebaran nanti, banyak orang yang berwisata seperti ke daerah pegunungan. Biasanya PO pariwisata hanya beroperasi pada saat itu. Mereka ini seolah-olah tidak terjamah oleh peraturan. Oleh karenanya, kita akan tegakkan disiplin. Saya minta Polda dan Dishub untuk melakukan penegakan hukum," tegas Budi.

https://nasional.kompas.com/read/2018/06/11/15213961/menhub-arus-mudik-lebaran-tahun-ini-berjalan-lancar

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.