Salin Artikel

Yorrys: Gerakan Golkar Bersih Bentuk Keprihatinan Masalah Partai

Beberapa waktu lalu dirinya sempat didatangi oleh Ahmad Doli Kurnia dan beberapa rekan Gerakan Muda Partai Golkar (GMPG) yang menyampaikan keprihatinan mereka atas kondisi partai beringin saat ini. Gerakan tersebut, menurutnya, juga merupakan bentuk kecintaan kader terhadap partai.

"Saya dengar keprihatinan mereka dan saya pikir bukan hanya mereka, apalagi masalah yang sekarang dialami oleh Partai Golkar mulai hulu sampai hilir," ucap Yorrys saat dihubungi, Rabu (9/8/2017).

Yorrys menambahkan, masalah yang dihadapi Golkar saat ini cukup serius. Ia pun menyinggung momentum di mana Golkar resmi menyatakan sikap politiknya mendukung pemerintahan Joko Widodo, yakni 17 Mei 2016 lalu.

(Baca: Idrus Marham Sebut Tak Ada Pengurus DPP Dukung Gerakan Golkar Bersih)

Ketika itu, dalam salah satu poin secara eksplisit disebutkan bahwa Golkar turut mendukung pemerintahan Jokowi dalam pemberantasan korupsi. Namun saat ini, beberapa kader Golkar diduga terlibat dalam kasus korupsi.

Bahkan, Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto juga telah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan e-KTP oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Sekarang yang menjadi masalah di Golkar adalah masalah-masalah korupsi. Itu yang jadi keprihatinan kami. Karena masuk periode kami banyak kader Golkar yang kena masalah itu," tuturnya.

Oleh karena itu, DPP serta pemangku kepentingan lainnya dalam partai, menurut Yorrys, perlu merespons keprihatinan tersebut. Apalagi, elektabilitas Golkar dilihat kian menurun.

"Ekspresi itu harus kita sambut positif karena kecintaan mereka terhadap Partai Golkar," ucap Yorrys. Meski begitu, saat ini Golkar menghormati proses hukum yang berlaku di KPK.

(Baca: Ini 17 Nama Politisi Pendukung Gerakan Golkar Bersih)

"Melihat masalah kasus ketua umum ini kami tidak bisa terlalu reaktif. Kita liat proses hukum. Sekarang kan kita tinggal menunggu KPK," kata dia.

Generasi Muda Partai Golkar sebelumnya menyampaikan 17 nama yang disebut mendukung Gerakan Golkar Bersih.

Beberapa orang di antaranya merupakan pengurus inti DPP Partai Golkar. Adapun 17 nama tersebut di antaranya:

1. Yorrys Raweyai 
2. Nusron Wahid 
3. Kahar Muzakir 
4. Lodewijk Paulus
5. Airlangga Hartarto 
6. Ibnu Munzir 
7. Indra Bambang Utoyo
8. Agus Gumiwang Kartasasmita 
9. Zainuddin Amali 
10. Eni M Saragih 
11. Bambang Soesatyo 
12. Andi Sinulingga 
13. Gatot Sudjito 
14. M. Sarmuji 
15. Tb. Ace Hasan Syadzily 
16. Ichsan Firdaus 
17. Ridwan Hisyam

https://nasional.kompas.com/read/2017/08/10/06105361/yorrys--gerakan-golkar-bersih-bentuk-keprihatinan-masalah-partai

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.