Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yakin Menteri BUMN Rini Soemarno Dicopot, PDI-P Siapkan Pengganti

Kompas.com - 09/01/2016, 16:24 WIB
Ihsanuddin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno meyakini Presiden Joko Widodo akan segera mencopot Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno.

PDI-P pun sudah menyiapkan nama pengganti Rini Soemarno.

"Kalau itu (pencopotan Rini Soemarno), tidak perlu ditanyakan lagi. Itu sebuah keniscayaan," kata Hendrawan di Jakarta, Sabtu (9/1/2016).

Menurut Hendrawan, pencopotan Rini ini sudah sesuai dengan rekomendasi Panitia Khusus PT Pelindo II. Pansus itu dipimpin politisi PDI-P Rieke Diah Pitaloka.

Pansus menemukan bahwa Rini melakukan pelanggaran terhadap undang-undang.

Pelanggaran itu, misalnya, dalam perpanjangan kontrak Jakarta International Container Terminal kepada perusahaan asal Hongkong Hutchinson Port Holding yang dinilai pansus merugikan negara.

Hendrawan mengatakan, PDI-P akan segera merekomendasikan nama pengganti Rini ke Jokowi. Namun, Jokowi tetap memiliki kewenangan penuh apakah hendak menerima nama tersebut atau tidak.

Hendrawan pun belum mau mengungkapkan nama yang akan direkomendasikan ke Jokowi.

"Kalau preferensinya PDI-P sudah ada di sakunya Ibu Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri). Jangan disebutkan sekarang, nanti orangnya bisa GR (gede rasa)," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com