Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komnas HAM Tak Ingin Dipakai sebagai Alat untuk Pukul Prabowo

Kompas.com - 28/05/2014, 20:36 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Bidang Eksternal Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Siane Indriyani meminta media untuk tidak melibatkan Komnas HAM dalam pemberitaan mengenai politik. Apalagi dikaitkan dengan isu dugaan pelanggaran HAM yang menyerang bakal calon presiden Prabowo Subianto.

"Komnas fugsinya hanya mengingatkan. Jadi jangan kita dijadikan alat untuk pemukul dan menyudutkan salah satu capres karena ini domain masyarakat Indonesia," ujar Siane di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Rabu (28/5/2014).

Siane mengatakan, sejak awal Komnas HAM mengindikasi banyaknya kampanye hitam yang berkembang. Ia meminta media untuk berimbang, jangan terlalu ke kanan atau ke kiri.

"Ini kan head to head, masing-masing ada perbedaan. Ada pihak yang mencoba mengadu perbedan itu," kata Siane.

Menurutnya, banyak kejahatan HAM yang mestinya disorot selain pelanggaran HAM masa lalu. Ia menyebutkan, HAM ekonomi, sosial, dan budaya juga perlu menjadi perhatian masyarakat.

Hingga kini, kata Siane, HAM dalam aspek tersebut juga belum sepenuhnya terselesaikan. Ia kembali menegaskan, Komnas HAM tidak ingin dilibatkan dalam isu pelanggaran HAM yang dipolitisasi selama menjelang pemilihan presiden Juli mendatang.

"Hingga sebulan ke depan kami minta tidak mengajak Komnas HAM ikut dalam politik praktis," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com