Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Mudik Gratis ke 12 Kota Ini? Ayo Daftar!

Kompas.com - 22/07/2013, 14:48 WIB
Ihsanuddin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Ingin mudik tetapi hanya punya dana terbatas? Jangan khawatir. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengadakan program mudik gratis untuk pengendara sepeda motor. Pemberangkatan dilakukan dari Jakarta ke 12 kota, yaitu Lampung, Cirebon, Tegal, Magelang, Yogyakarta, Wonogiri, Tasikmalaya, Cilacap, Kebumen, Wonosobo, Purwokerto, dan Solo.

Sepeda motor akan diangkut terlebih dahulu menggunakan truk, sementara untuk pemberangkatan orang akan menyusul dengan bus AC dan kapal feri roro. Satu sepeda motor berlaku untuk dua orang dewasa dan satu balita.

Setiap pemudik juga akan mendapatkan jatah untuk berbuka puasa. Syarat mengikuti program ini adalah dengan menyerahkan fotokopi KTP, SIM, dan STNK dengan nama pemudik dan pemilik yang sama. Jika membawa balita, wajib membawa Kartu Keluarga.

Pendaftaran telah dimulai dari 16 Juli 2013 dan berakhir pada 30 Juli 2013. Jika sebelum tanggal tersebut kuota sudah terpenuhi, maka pendaftaran akan secara otomatis ditutup.

Kuota untuk tujuan Solo yakni 150 motor, Purwokerto 100 motor, dan tujuan kota lainnya 180 motor.

Hingga saat ini, Kemenhub belum melakukan pendataan secara pasti berapa persen kuota yang sudah terisi. Bagi Anda yang tertarik, pendaftaran dapat dilakukan di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, serta kantor-kantor dinas perhubungan di Kota Bekasi, Depok, Tangerang, dan Tangerang Selatan. Jam pendaftaran dimulai pukul 08.00-15.00 WIB.

Pemberangkatan bus untuk tujuan Lampung, Yogyakarta, Kebumen, Wonosobo, Wonogiri, Solo, dan Purwokerto adalah 3 Agustus 2013. Sementara, tujuan Cirebon, Magelang, Tegal, Tasikmalaya, dan Cilacap adalah 5 Agustus 2013. Penyerahan sepeda motor dilakukan dua hari sebelum keberangkatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com