Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fahri: KPK Tak Ahli Tangani Korupsi Sistemik

Kompas.com - 19/06/2013, 11:56 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com  Anggota Komisi III DPR Fahri Hamzah menilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak ahli menangani kasus korupsi sistemik. Menurutnya, keahlian KPK hanya sebatas melakukan operasi tangkap tangan (OTT) yang notabene hanya kasus korupsi yang remeh-temeh.

"Evaluasi untuk KPK itu banyak sekali. KPK hanya tergantung pada OTT, tapi keahlian membaca korupsi sistemiknya kurang," kata Fahri di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Anggota Tim Pengawas (Timwas) bail out Bank Century ini menuturkan, seharusnya KPK dapat lebih peka mengendus dugaan atau kasus korupsi sistemik. Kasus korupsi itu dianggapnya lebih berbahaya dan dilakukan dengan trik-trik yang lebih canggih.

Fakri menjelaskan, korupsi sistemik menggunakan trik canggih karena memiliki kaitan antara jabatan dengan tindakan korupsi itu sendiri. Bahkan, ia menduga sangat mungkin korupsi itu dilakukan dengan cara mengubah undang-undang yang ada agar sulit terdeteksi.

"Kalau orang main suap, bawa-bawa uang cash, terus OTT kan itu rendah, kampungan," ujarnya.

Untuk diketahui, kritik pedas Fahri dilontarkan karena dirinya geram dengan KPK saat ini. Salah satu indikatornya adalah tidak adanya hasil signifikan yang diperoleh KPK atas kasus bail out Bank Century. Menurut Fahri, KPK edisi sebelumnya jauh lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com