Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Imbal Hasil Obligasi Pemerintah Naik

Kompas.com - 11/06/2013, 19:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga surat utang negara berjangka waktu 10 tahun mencatatkan penurunan terbesar sejak 2011 lalu. Imbasnya, tingkat yield surat utang ini melonjak tinggi.

Berdasarkan data Inter Dealer Market Association, tingkat yield untuk obligasi dengan kupon 5,625 persen yang  jatuh tempo Mei 2023 mendatang, melonjak 36 basis poin menjadi 6,713 persen di Jakarta. Ini merupakan lonjakan terbesar sejak September 2011 lalu untuk surat utang pemerintah berjangka waktu 10 tahun yang menjadi benchmark.

Disinyalir, peningkatan yield ini dipicu oleh dana asing yang keluar dari pasar finansial Indonesia. "Data yang ada menunjukkan arus dana asing terus keluar dari pasar obligasi dan pasar saham. Bahkan ada sinyal nilai dana yang keluar akan semakin bertambah," jelas Wee Khoon Chong, Strategist Societe Generale SA yang berbasis di Hong Kong kepada Bloomberg, Selasa (11/6/2013).

Sementara itu, rupiah masih mencatatkan pelemahan. Sore ini, rupiah melemah 0,1 persen menjadi 9.826 per dollar AS. Sedangkan nilai rupiah di pasar non deliverable forwards (NDF) untuk pengantaran satu bulan ke depan menguat 1 persen. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com