Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kotak Hitam Lengkap, Basarnas Hentikan Evakuasi Sukhoi

Kompas.com - 31/05/2012, 14:45 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya Daryatmo menyampaikan, evakuasi korban Sukhoi ayaupun barang-barang yang tertinggal di lokasi jatuhnya pesawat akan dihentikan. Keputusan tersebut diambil setelah ditemukannya komponen kotak hitam, yaitu flight data recorder (FDR) dan cockpit voice recorder (CVR).

"Dengan ditemukannya FDR ini, maka proses pencarian secara resmi kami hentikan," ujar Daryatmo saat jumpa pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (31/5/2012).

Meski demikian, ia melanjutkan, bila pihaknya mendapat tanda-tanda baru mengenai adanya korban atau bagian pesawat penting lainnya yang masih tertinggal, pihaknya siap untuk kembali melakukan evakuasi.

"Kalau ada tanda-tanda, kami lanjutkan kembali. Semangatnya melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Siapa tahu masih ada, ya tidak apa-apa kita lakukan lagi," lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, warga menemukan FDR di titik sekitar jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100, Rabu (30/5/2012). Benda tersebut berjarak 20 meter dari ekor pesawat dan tertimbun tanah.

Dalam kesempatan sebelumnya, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berhasil mentranskrip rekaman CVR. Dengan penemuan FDR ini, KNKT akan menganalisis terlebih dahulu dan hasilnya akan dicocokkan dengan data CVR yang sebelumnya telah ditranskrip.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com