Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPK: Survei Integritas Itu untuk Perbaikan

Kompas.com - 23/12/2009, 18:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) M Jasin mengatakan, survei integritas yang mengukur tingkat pelayanan publik lembaga negara pada intinya bertujuan untuk perbaikan layanan. Hal tersebut dikatakannya seusai menjadi pembicara dalam diskusi panel "Refleksi Akhir Tahun Pemberantasan Korupsi di Daerah, Meretas Harapan untuk Indonesia Bermartabat Tanpa Korupsi", Rabu (23/12/2009) di Jakarta.

Menurut M Jasin, survei tersebut dilakukan dengan pengukuran yang ilmiah dari pengakuan langsung masyarakat, bukan penilaian KPK. Dalam hal ini, kata Jasin, KPK hanya berperan sebagai pendorong agar lembaga yang terkait memperbaiki kualitas layanannya.

"Yang bisa melakukan instansi yang berkaitan memperbaiki pelayanan. Kita sebagai trigger mekanik yang mendorong agar diperbaiki agar mayarakat senang. Itu kan survei masyarakat puas atau tidak," katanya. Seperti yang diberitakan, kepolisian dan Departemen Perindustrian mendapat skor terendah dalam pelayanan publik berdasarkan survei integritas KPK 2009.

M Jasin juga menyampaikan rekomendasinya untuk lembaga yang mendapat skor terendah dalam survei integritas 2009 tersebut. "Rekomendasinya mari kita perbaiki. Itu kan tugas bersama. Itu PR bersama bangsa," ujarnya.

"Ini kan sifatnya pencegahan seperti yang dulu kita pernah lakukan ke Depkeu, Pajak. Mereka kita undang dan mereka welcome. Merespons dengan baik untuk memperbaiki, seharusnya siapa pun welcome," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com