Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tragedi Hercules, Korban Tewas Capai 92 Orang

Kompas.com - 20/05/2009, 14:13 WIB

MADIUN, KOMPAS.com — Korban tewas akibat jatuhnya pesawat angkut jenis C-130 Hercules Alpha 1325 mencapai 92 orang dari total 110 orang yang ikut di pesawat naas itu. Sementara 15 orang yang selamat terdiri dari 10 orang luka ringan dan 5 orang luka berat dan 3 orang masih belum dievakuasi. Demikian Kepala Pusat Penerangan dan Kepustakaan (Kapentak) Lanud Iswahyudi Mayor Sutrisno, Rabu (20/5).

Berdasarkan manifes, pesawat yang jatuh di Desa Geplak, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, itu membawa 99 penumpang dan 11 kru. Sampai saat ini ada 3 orang yang masih belum dievakuasi karena tertindih oleh badan pesawat. Evakuasi masih terus diupayakan dengan memotong badan pesawat dengan gergaji.

Pesawat berangkat dari Halim Perdanakusuma ke Lanud Iswahyudi sebagai tujuan pertama sebelum terbang ke empat bandara lainnya di Indonesia Timur, yakni ke Makassar, Kendari, Ambon, dan Biak Papua.

Menurut Mayor Sutrisno, sebelum terbang pesawat sudah dicek. "Kondisi cuaca juga baik, jadi belum tahu apa yang menyebabkan pesawat itu jatuh," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com