Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidang Rakyat Minta Sultan Jadi Gubernur Seumur Hidup

Kompas.com - 06/10/2008, 13:42 WIB

Laporan Wartawan Kompas, Mawar Kusuma

YOGYAKARTA, SENIN- Berbagai elemen masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Yogyakarta menggelar sidang rakyat untuk meminta penetapan Sultan HB X sebagai Gubernur seumur hidup.Mereka juga mengukuhkan sendiri kedudukan Sultan Hamengku Buwono X sebagai gubernur dan Paku Alam IX sebagai wakil gubernur.

Ribuan masyarakat tersebut memadati halaman Gedung DPRD DIY, Senin(6/10). Koordinator GRY Sunyoto menyatakan bahwa sidang rakyat sama sekali tidak setuju konsep pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Sidang rakyat ini juga didukung beberapa partai seperti Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa.

"Gerakan ini bukan rekayasa. Kami akan siap mendukung semua gerakan untuk menetapkan Sultan sebagai Gubernur dan Paku Alam sebagai wakil Gubernur," ujar Ketua DPD Golkar DIY Gandung Pardiman.

Selain menggelar sidang rakyat yang tidak dihadiri Sultan, GRY juga akan melaksanakan rangkaian kegiatan demi kelestarian ruh keistimewaan Yogyakarta. Mereka akan menggelar ritual mubeng beteng,berdoa bersama di Masjid Agung, dan ziarah ke makam raja di Imogiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com