Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sharp Kenalkan Paket TV LCD dan Panel Surya

Kompas.com - 07/07/2008, 17:56 WIB

JAKARTA, SENIN - Untuk menjangkau daerah yang belum terjangkau listrik, perusahaan elektronika Jepang, Sharp, menawarkan paket televisi dan solar panel. Panel surya tersebut memang khusus didesain untuk televisi LCD 26 inci yang baru akan dipamerkan pertama kali pada Hokkaido Toyako Summit, di Hokkaido, Jepang, 7-9 Juli 2008.

Dibandingkan televisi tabung atau CRT (cathode ray tube) dengan ukuran layar yang sama, televisi tersebut hanya membutuhkan daya seperempat dan konsumsi listrik sepertiganya. Bahkan dibandingkan TV LCD yang beredar di pasaran saat ini, kebutuhan dayanya hanya sepertiga dan konsumsi energi setengahnya.

Paket tersebut didesain hemat energi dan praktis digunakan. Kebutuhan listrik yang rendah membuat televisi besutan Sharp itu dapat dipasok energi dari sel surya yang ukurannya hampir sama dengan ukuran layar televisi.

Produk tersebut lebih banyak ditujukan untuk konsumen di daerah terpencil yang tidak terjangkau jaringan listrik. Di seluruh dunia diperkirakan terdapat 1,6 miliar penduduk yang belum terjangkau listrik. Untuk konsumen yang peduli terhadap lingkungan, produk ini juga bisa dilirik.

Dalam beberapa tahun terakhir, Sharp memang fokus pada pengembangan LCD dan sel surya. Selain mengembangkan LCD yang lebih hemat energi, Sharp juga mengembangkan sel surya transparan yang cocok dipakai dalam elemen arsitektur, seperti di bagian atap atau dinding.        

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com