BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Astra Honda Motor

Akomodasi Pemudik lewat Program Semarak Satu Hati, Cara AHM Apresiasi Konsumen Setianya

Kompas.com - 29/04/2023, 13:36 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Sheila Respati

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan lamanya, umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia, resmi menutup Ramadhan 2023 dengan perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Perwujudan euforia Hari Raya itu terlihat dari berbagai bentuk. Salah satunya, mudik ke kampung halaman.

Seperti diketahui, merebaknya wabah Covid-19 sejak awal 2020 membuat mudik yang biasa dilakukan jelang atau setelah Lebaran ditiadakan. Kebijakan ini diambil oleh pemerintah untuk memitigasi penularan Covid-19 di kalangan masyarakat.

Jadi, ketika mudik kembali diperbolehkan, banyak masyarakat yang antusias. Bahkan, sejumlah korporasi turut berinisiatif untuk mengakomodasi animo tersebut. Salah satunya, PT Astra Honda Motor (AHM) lewat program Semarak Silaturahmi Satu Hati.

Baca juga: Fasilitasi Pemudik, AHM Gelar Mudik Balik Bareng Honda

Dalam program itu terdapat kegiatan Mudik Balik Bareng Honda (MBBH), Bale Santai Honda (BSH), dan Lebaran Nusantara Honda 2023.

Pada Bale Santai Honda, AHM menghadirkan sejumlah Posko Mudik di Pulau Jawa yang 12 di antaranya beroperasi selama 24 jam. Fasilitas ini berada di Kota Serang dan Tangerang, Banten. Selain itu, ada pula di jalur Pantai Utara (Pantura) dan jalur Pantai Selatan (Pansela).

Di jalur Pantura sendiri, BSH tersebar di Kota Indramayu, Cirebon, Tegal, Bawen, dan Probolinggo. Kemudian, di Madiun dan Malang untuk jalur tengah. Sementara itu, untuk jalur Pansela, berada di Kota Cianjur, Nagrek, Karanganyar, Kabupaten Kebumen, dan Purworejo.

Bale Santai Honda.Dok. AHM Bale Santai Honda.

Sejumlah fasilitas menarik telah disiapkan AHM bagi pemudik yang singgah di BSH. Sebut saja, ruang istirahat berpendingin udara, WiFi, mushala, alat pijat elektrik, televisi, PlayStation, makanan dan minuman gratis, serta servis motor, penjualan suku cadang, dan sepeda motor Honda.

Baca juga: AHM Berangkatkan 1.409 Pemudik ke Yogyakarta dan Semarang

Di posko mudik tersebut, pengunjung pun berkesempatan mendapatkan hadiah menarik lewat kontes foto yang diadakan AHM.

Selain BSH, AHM juga menyiagakan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Siaga di 14 titik di Provinsi Lampung, Pulau Jawa hingga Pulau Bali, serta 151 AHASS Jaga di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Bahkan, bengkel resmi sepeda motor Honda tersebut tetap memberikan layanan servis kunjung bagi pelanggan yang membutuhkan. Mekanik Honda pada layanan armada Honda Customer Assistance Road Emergency (Honda Care) juga disiagakan untuk melayani konsumen di 21 kota di Indonesia jika mengalami kendala kerusakan kendaraan atau dalam kondisi darurat.

Sementara itu, pada Lebaran Nusantara Honda 2023, AHM memberikan apresiasi kepada lebih dari 14.000 konsumen loyalnya.

Baca juga: Motor Listrik Misterius Tertangkap Kamera Sedang Dites, Diduga Honda

Apresiasi itu diberikan dalam bentuk aktivitas positif yang dilakukan bersama lebih dari 400 jaringan dealer sepeda motor Honda. Sebut saja, pembagian takjil gratis, silaturahmi dengan komunitas, buka puasa bersama, serta penyediaan vaksin booster bagi konsumen dan masyarakat yang hendak mudik.

Gelar mudik balik

AHM juga menggelar mudik bagi konsumen setia sepeda motor Honda. Inisiatif ini diwujudkan dalam program MBBH 2023.

Jajaran direksi AHM beserta pejabat setempat saat melepas keberangkatan para pemudik program MBBH. Kompas.com/Erlangga Satya Jajaran direksi AHM beserta pejabat setempat saat melepas keberangkatan para pemudik program MBBH.

Untuk diketahui, MBBH merupakan program tahunan yang rutin diadakan sejak 2006 oleh AHM. Tujuannya, untuk membantu konsumen setia sepeda motor Honda agar mereka bisa mudik dengan aman.

Adapun pada MBBH 2023, AHM menyediakan sekitar 32 bus untuk mengantar lebih dari 1.409 pemudik dengan rute perjalanan Jakarta–Yogyakarta dan Jakarta–Semarang.

Baca juga: Mau Ikut Subsidi Motor Listrik, AHM Siap Kejar TKDN 40 Persen

Pemberangkatan peserta mudik dilakukan di Kantor Astra Honda Motor (AHM), Sunter, Jakarta Utara, Rabu (19/4/2023).

General Manager Honda Customer Care Center (HC3) AHM Antok Yuniarso mengatakan, program MBBH diadakan sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh konsumen sepeda motor Honda.

“MBBH ini jadi bentuk apresiasi AHM kepada konsumen agar mereka bisa pulang ke kampung halaman secara nyaman dan aman. Program ini juga sebagai bentuk dukungan ke pemerintah dalam memastikan keselamatan para pemudik,” ujar Antok dalam konferensi pers di Kantor AHM, Rabu.

Selain mengakomodasi keberangkatan peserta mudik, AHM juga menyediakan 17 truk untuk mengangkut 613 sepeda motor peserta mudik yang ingin membawa kendaraan tersebut ke kampung halaman.

Baca juga: Kecepatan Rata-rata Arus Mudik Tahun Ini Diklaim Meningkat

Adapun keberangkatan truk pengangkut itu dilakukan dua hari lebih awal dari keberangkatan pemudik, yakni pada Senin (17/4/2023) melalui Bhanda Ghara Reksa (BGR), Kelapa Gading, Jakarta Utara.

“Para peserta MBBH juga mendapatkan asuransi selama perjalanan dan layanan kesehatan. Mereka juga diberikan goodie bag berisi jaket, konsumsi, dan sejumlah hadiah dari sponsor. Kami juga mengadakan undian dengan hadiah utama dua unit sepeda motor dan gadget untuk peserta yang beruntung,” kata Antok.

Tak hanya mudik, AHM juga mengakomodasi kembalinya pemudik dari kampung halaman, seperti Semarang dan Yogyakarta menuju Jakarta melalui program Balik Bareng Honda (BBH).

Adapun program balik tersebut diadakan pada Selasa (25/4/2023). Serupa dengan keberangkatan, peserta yang ingin ikut pulang melalui program tersebut juga harus melakukan pendaftaran.

Baca juga: Balik Mudik Gratis, 3.175 Orang Kembali ke Jakarta Naik Kapal

Pada program balik, AHM menyediakan sekitar delapan truk untuk mengangkut 305 motor dan 18 armada bus untuk mengakomodasi sebanyak 727 peserta yang ingin balik ke Jakarta.

Sebelum bertolak ke Jakarta, para peserta program BBH berkumpul di lokasi yang ditentukan oleh AHM pada hari H. Di Semarang, titik kumpul berada di Astra Motor. Sementara itu, di Yogyakarta, titik kumpul dipusatkan di Astra Motor Yogyakarta.

General Manager Honda Customer Care Center (HC3) AHM Antok Yuniarso bersama Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub Danto Restyawan dan Direktur Jenderal Angkutan Jalan Kemenhub Suharto saat melakukan inspeksi terhadap motor peserta mudik program MBBH 2023.Kompas.com/Erlangga Satya General Manager Honda Customer Care Center (HC3) AHM Antok Yuniarso bersama Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub Danto Restyawan dan Direktur Jenderal Angkutan Jalan Kemenhub Suharto saat melakukan inspeksi terhadap motor peserta mudik program MBBH 2023.

Atas pelayanan dan fasilitas kelas wahid yang diberikan AHM pada program MBBH, tak heran jika para peserta mengaku senang telah terlibat dalam program tersebut.

Pengalaman itu salah satunya dirasakan Tri Ristianto (45). Pria asal Bekasi, Jawa Barat, ini mengatakan bahwa program mudik tersebut sudah diikutinya sejak 2016.

Baca juga: Begini Langkah Memanaskan Mesin Motor yang Benar Usai Ditinggal Mudik

“Program MBBH sangat baik. Pelayanan yang AHM berikan sangat luar biasa. Kami difasilitasi kendaraan, makanan, dan tempat duduk yang nyaman,” ujarnya.

Sementara itu, peserta asal Babelan, Jawa Barat, yang hendak mudik ke Gunung Kidul, Yogyakarta, Pardio (50) menjelaskan bahwa keikutsertaannya mudik melalui program MBBH lantaran penasaran dengan servis yang diberikan oleh AHM.

“Saya baru pertama kali ikut program MBBH. Dengar ini dari teman karena katanya fasilitas dan layanan yang diberikan itu sangat baik. Terbukti, saat menunggu keberangkatan saja kami difasilitasi tempat istirahat dan makanan. Selain itu, pendaftaran program ini juga sangat mudah, yakni cukup dilakukan secara online,” kata Pardio.

Sebagai informasi, selain secara langsung, pendaftaran program MBBH 2023 juga dapat dilakukan secara online, yakni melalui aplikasi digital WANDA, Motorku-X, dan Daya Auto.

Baca juga: Ratusan Ribu Kendaraan Pemudik Sudah Kembali ke Jakarta

Adapun pendaftaran langsung dilakukan dengan mendatangi main dealer sepeda motor Honda di wilayah Jakarta-Tangerang, yaitu Wahana Makmur Sejati, Astra Motor Jakarta, dan wilayah Jawa Barat, yakni Daya Adicipta Motora.

“Salah satu terobosan baru pada MBBH 2023 itu memang kami adakan fasilitas untuk mendaftar secara online. Hal ini kami lakukan sebagai bentuk adaptasi terhadap derasnya arus perkembangan teknologi digital sekaligus untuk mengefisienkan pendaftaran,” ucap Antok.

Baca tentang

Terkini Lainnya

PPATK Koordinasi ke Kejagung Terkait Aliran Dana Harvey Moeis di Kasus Korupsi Timah

PPATK Koordinasi ke Kejagung Terkait Aliran Dana Harvey Moeis di Kasus Korupsi Timah

Nasional
Prabowo-Titiek Soeharto Hadiri Acara Ulang Tahun Istri Wismoyo Arismunandar, Ada Wiranto-Hendropriyono

Prabowo-Titiek Soeharto Hadiri Acara Ulang Tahun Istri Wismoyo Arismunandar, Ada Wiranto-Hendropriyono

Nasional
Banyak Catatan, DPR Dorong Revisi UU Pemilu Awal Periode 2024-2029

Banyak Catatan, DPR Dorong Revisi UU Pemilu Awal Periode 2024-2029

Nasional
Pakar Ragu UU Lembaga Kepresidenan Terwujud jika Tak Ada Oposisi

Pakar Ragu UU Lembaga Kepresidenan Terwujud jika Tak Ada Oposisi

Nasional
Istana Sebut Pertemuan Jokowi dan Prabowo-Gibran Semalam Atas Inisiatif Prabowo

Istana Sebut Pertemuan Jokowi dan Prabowo-Gibran Semalam Atas Inisiatif Prabowo

Nasional
Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Saat Bertemu Prabowo Semalam

Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Saat Bertemu Prabowo Semalam

Nasional
Jokowi Siapkan Program Unggulan Prabowo-Gibran Masuk RAPBN 2025

Jokowi Siapkan Program Unggulan Prabowo-Gibran Masuk RAPBN 2025

Nasional
CSIS: Mayoritas Caleg Muda Terpilih di DPR Terindikasi Dinasti Politik

CSIS: Mayoritas Caleg Muda Terpilih di DPR Terindikasi Dinasti Politik

Nasional
Korlantas Kaji Pengamanan Lalu Lintas Jelang World Water Forum Ke-10 di Bali

Korlantas Kaji Pengamanan Lalu Lintas Jelang World Water Forum Ke-10 di Bali

Nasional
Jokowi Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Semua Pihak Pasca-Pilpres

Jokowi Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Semua Pihak Pasca-Pilpres

Nasional
Pakar Sebut Semua Lembaga Tinggi Negara Sudah Punya Undang-Undang, Hanya Presiden yang Belum

Pakar Sebut Semua Lembaga Tinggi Negara Sudah Punya Undang-Undang, Hanya Presiden yang Belum

Nasional
Saksi Ungkap SYL Minta Kementan Bayarkan Kartu Kreditnya Rp 215 Juta

Saksi Ungkap SYL Minta Kementan Bayarkan Kartu Kreditnya Rp 215 Juta

Nasional
Saksi Sebut Bulanan untuk Istri SYL dari Kementan Rp 25 Juta-Rp 30 Juta

Saksi Sebut Bulanan untuk Istri SYL dari Kementan Rp 25 Juta-Rp 30 Juta

Nasional
Tata Kelola Dana Pensiun Bukit Asam Terus Diperkuat

Tata Kelola Dana Pensiun Bukit Asam Terus Diperkuat

Nasional
Jelang Disidang Dewas KPK karena Masalah Etik, Nurul Ghufron Laporkan Albertina Ho

Jelang Disidang Dewas KPK karena Masalah Etik, Nurul Ghufron Laporkan Albertina Ho

Nasional
komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com