Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Imbau Masyarakat Tidak Mudik Naik Motor: Banyak Mudik Gratis

Kompas.com - 30/03/2023, 17:50 WIB
Ardito Ramadhan,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengimbau masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor demi mencegah terjadinya kecelakaan dalam perjalanan.

Ma'ruf mengatakan, kini sudah banyak program mudik gratis yang disediakan berbagai pihak sebagai alternatif pulang kampung selain menggunakan sepeda motor.

"Sekarang ini kan banyak dilakukan mudik gratis ya, ini dilakukan oleh pemerintah juga, oleh pemerintah daerah, oleh berbagai komunitas, ini maksudnya itu supaya mereka tidak mudik pakai motor," kata Ma'ruf dalam keterangan pers di Aceh, Kamis (30/3/2023).

Baca juga: Pemkab Sumenep Buka Layanan Mudik Gratis dari Jakarta dan Surabaya, Tersedia Mulai H-10 Lebaran

Ma'ruf menuturkan, pemerintah memang sudah menyiapkan jalur dan angkutan mudik untuk Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah mendatang, termasuk mengantisipasi pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Ia pun mengimbau kepada pemudik yang bersepeda motor untuk mempersiapkan diri dengan baik dan berhati-hati di perjalanan agar tak terjadi kecelakaan.

"Mudah-mudahan tahun ini kalau tidak ada (pemudik menggunakan sepeda motor) bagus atau ya jumlahnya tidak banyak," ujar Ma'ruf.

Baca juga: Gelar Mudik Gratis Jakarta-Sumenep, Bupati Kampung Targetkan Ribuan Penumpang

Diberitakan sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan mudik jarak jauh menggunakan sepeda motor, karena sangat membahayakan keselamatan bagi diri sendiri maupun orang lain.

“Kami mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik jarak jauh karena potensi untuk terjadi kecelakaannya sangat tinggi," kata Budi Karya dalam keterangannya, Selasa (14/3/2023).

"Masyarakat dapat memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga motornya bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan,” ujar dia lagi.

Baca juga: Mudik Lebaran 2023, Bupati Sleman: Kami Targetkan Jalan Kabupaten Zero Hole

Ia menjelaskan, program mudik gratis ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengurangi jumlah pemudik pengguna sepeda motor, di mana pada tahun ini diprediksi pengguna sepeda motor mencapai 25,13 juta orang atau 20,3 persen dari total prediksi pemudik tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang.

“Kita lihat penggunaan sepeda motor untuk mudik pada tahun ini masih cukup tinggi. Walaupun dengan berbagai alasan kemudahan, tetapi tetap keselamatannya tidak terjamin,” tutur Menhub.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com