Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airlangga: "Positivity Rate" Covid-19 Naik Sedikit Jadi 5,82 Persen

Kompas.com - 18/07/2022, 16:59 WIB
Dian Erika Nugraheny,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, positivity rate Covid-19 di Indonesia saat ini kembali mengalami kenaikan dibanding pekan lalu.

Dia mengungkapkan besaran positivity rate Covid-19 di Tanah Air saat ini 5,82 persen.

"Kita lihat positivity rate (Covid-19) juga agak naik sedikit 5,82 (persen)," ujar Airlangga saat memberikan keterangan pers usai rapat terbatas evaluasi PPKM di Kantor Presiden pada Senin (18/7/2022).

Dia menjelaskan, dalam rapat bersama Presiden Joko Widodo hari ini dilaporkan secara keseluruhan penanganan Covid-19 di Indonesia masih positif.

Untuk rata-rata kasus Covid-19 per pekan terakhir tercatat sebesar 3.240.

Kemudian berdasarkan standar badan kesehatan dunia (WHO) level transmisi komunitas Covid-19 di Indonesia masih berada di level 1.

"Karena jumlah kasus 8 per 100 ribu. WHO syaratnya 20 per 100 ribu (per minggu)," ungkap Airlangga.

Baca juga: Airlangga: Sesuai Standar WHO, Transmisi Komunitas Covid-19 di Indonesia Masih Level 1

Kemudian, untuk angka reproduksi efektif Covid-19 di untuk wilayah Jawa mengalami penurunan dari 1,27 ke 1,26 dan kembali turun ke 1,24.

Untuk luar Jawa, angka reproduksi efektif tercatat sebesar 1,29 di Sumatera, di Sulawesi sebesar 1,18 dan untuk Maluku serta Papua sebesar 1,08.

Adapun berdasarkan pengertian Satgas Covid-19, angka reproduksi merupakan angka rata-rata banyaknya orang yang terinfeksi Covid-19 akibat terpapar dari satu orang yang sakit.

Semakin besar angka reproduksi, kian besar pula kasus positif Covid-19.

"Kemudian secara keseluruhan nasional semuanya masih relatif baik. Di luar Jawa sebanyak 385 kabupaten/kota level PPKM-nya 1. Yang level 2 hanya di sorong, Papua Barat," tambahnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Reisa Brotoasmoro mengatakan, naiknya positivity rate berarti ada peningkatan risiko penularan Covid-19 di tengah masyarakat.

Reisa menuturkan, pada 13 Juli 2022 positivity rate harian nengalami kenaikan sehingga mencapai 5,88 persen.

"Dan positivity rate sepekan terakhir adalah 5,72 persen. Artinya saat ini Indonesia kembali masuk menjadi negara yang harus diperhatikan," ujar Reisa dalam keterangan pers yang disiarian YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis (15/7/2022).

Baca juga: Satgas: Positivity Rate Naik Berarti Risiko Terinfeksi Covid-19 Meningkat

"Dengan peningkatan positivity rate ini artinya ada peningkatan risiko terinfeksi saat kita beraktivitas pada lingkungan," lanjutnya.

Reisa pun mengingatkan, berdasarkan standar badan kesehatan dunia atau WHO, positivity rate sebaiknya tidak lebih dari 5 persen.

Sehingga apabila risiko penularan Covid-19 kembali tinggi, maka menurutnya harus ada beberapa penyesuaian dan imbauan untuk masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com